Aktif Berolahraga
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di saat musim hujan tiba, pastinya banyak orang lebih memilih bermalas-malasan di dalam rumah ketimbang aktif berolahraga

Padahal, kebiasaan bermalas-malasan punya dampak sangat buruk bagi kesehatan kita. Ketika kamu malas berolahraga, risiko kesehatan yang lebih buruk seperti penyakit diabetes dan jantung bisa terjadi.

Oleh karena itu, musim hujan sebaiknya tidak kita jadikan alasan untuk berhenti berolahraga. Nah, ada beberapa cara buat kamu agar a tetap aktif berolahraga meski musim hujan tiba:

BACA JUGA: Bukan Uang, Olahraga Bisa Bikin Bahagia Banyak Orang

Spot Jogging

Spot jogging atau lari pelan bisa dilakukan di dalam ruangan saat hujan turun. Menurut ahli kebugaran Samir Purohit, latihan ini ideal sebelum melakukan olahraga lainnya atau pemanasan.

Melakukan ini selama 30 menit paling tidak membakar sekitar 215 kalori.

Latihan Beban

Olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah. Kamu cukup menggunakan satu set dumbbell

Jika tidak punya, kreasikan barang-barang bekas di rumah seperti botol air yang diisi dengan beban. Dalam satu jam, Anda bisa membakar hingga 200 kalori.

Skipping

Skipping atau lompat tali bisa meningkatkan kebugaran, fleksibilitas, dan koordinasi kardio-pernapasan. Latihan ini bermanfaat dan sangat bagus untuk membangun tulang serta menurunkan berat badan.

Melakukan lompat tali dalam satu jam, setidaknya mampu membakar hingga 560 kalori. Caranya pun juga terbilang mudah untuk dipelajari dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat.

BACA JUGA: Efek Mengerikan Tidak Berolahraga Selama 2 Minggu

Naik turun Tangga

Naik turun tangga Naik turun tangga juga bisa menjadi sarana kita untuk membentuk otot dan membakar kalori.

Saat kita menaiki anak tangga, tubuh kita melawan gravitasi yang manfaatnya sama dengan olahraga lari.

Push up

Olahraga yang mudah ini bisa membantu kita untuk memperkuat otot punggung bagian bawah dan inti.

Olahraga ini juga bisa dilakukan di mana saja dan tidak membutuhkan peralatan apapun. Dengan aktif  berolahraga push up  secara konsisten  bisa meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas.

Sit up

Olahraga ini sangat efektif untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut kita. Olahraga ini

Selain itu, olahraga ini membuat otot rectus abdominis, abdominis transversal, dan oblique selain fleksor pinggul, dada, dan leher bekerja maksimal.

kalau kamu aktif berolahraga dengan cara ini, postur tubuh kita bisa terbentuk dengan baik dan menjadi latihan ideal untuk menjaga kebugaran kita.

BACA JUGA: Perut Sixpack Kaya Roti Sobek Dalam Waktu 30 Hari!

Plank

Plank terkenal sebagai jenis latihan yang memperkuat otot perut. Caranya juga mudah.

Kamu harus melakukan posisi push-up, kemudian tekuk lengan dan taruh di lantai. Mulailah menahan tubuh minimal 30 detik.

Latihan ini sangat menantang tetapi bagus untuk memberikan bentuk pada area inti mu. Melakukan plank membakar sekitar 350 kalori dalam satu jamnya.

Nah semoga informasi ini bisa membantumu agar tetap aktif berolahraga di usim hujan. (Sbg/Rig)

Comments