Libur Nataru
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Sepertinya banyak masyarakat yang  bakal beralih ke moda transportasi darat, seperti mobil pribadi  pada masa libur Nataru alias libur Natal dan Tahun Baru 2020 seiring meningkatnya infrastruktur jalan.

Nah, disaat Libur Nataru kebanyakan masyarakat lebih memilih moda transportasi darat, seperti mobil pribadi karena bisa membawa keluarga untuk jalan-jalan berlibur.

Untuk itu sebelum libur Nataru tiba kamu mesti mengecek kendaraan terutama mobil secara berkala agar selalu fit dan yang terpenting usia komponen kendaraan menjadi awet.

Hal ini penting agar nantinya saat perjalanan libur Nataru kamu tidak mengalami sederet masalah yang ditimbulkan akibat tidak melakukan servis mobil.

BACA JUGA: Mobilemoon Gaya Solo Traveling Kekinian yang Lagi Hype

Mesin Nggak Prima

Biar libur nataru jadi seru.  Kamu harus  menservis mobil sebelum digunakan.

Sebab ada beberapa komponen yang membuat kualitas mesin menurun  lantaran mobil jarang diservis  secara rutin.

Misalnya air radiator yang mengering. Radiator merupakan perlengkapan standar pada mobil modern.

Perannya cukup vital, yakni menjaga mesin agar bekerja dalam suhu optimal. Jika suhu mesin semakin panas, radiator akan berusaha mendinginkan sehingga tidak terjadi overheat.

Umumnya, faktor yang bisa membuat malfungsi pada sistem radiator karena kerusakan pada kipas pendingin atau thermostat dan habisnya air radiator.

Selain itu, perhatikan pula kondisi oli mesin. Perihal oli atau pelumas pada mobil memang tidak bisa ditawar-tawar.

Beberapa fungsinya antara lain melapisi dua permukaan logam yang saling bergesekan, mendinginkan mesin akibat panas dari pembakaran, serta memelihara mesin tetap terjaga kebersihannya.

BACA JUGA: Mesra dan Amannya Bercinta di Mobil BMW Vision iNext

Sistem Kelistrikan Payah

Kamu nggak mau kan mengalami kejadian mobil susah di starter ataupun mogok. Ini bisa terjadi kalau kamu nekat  pergi mengarungi perjalanan yang cukup jauh saat libur Nataru dengan mobil yang tidak di servis.

Komponen kelistrikan pada mobil juga akan terganggu bila tidak diservis berkala, salah satunya adalah alternator atau dinamo ampere.

Jika kondisi alternator tidak baik, aki mobil dijamin hanya akan mampu bertahan sebentar saja.

Setelah listrik disuplai ke beberapa komponen di atas, maka aki tidak akan dapat menyuplai listrik lagi dengan baik.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda!

Boros Pembakaran

Salah satu kerugian yang juga akan dialami mobil ketika tidak rutin servis adalah sistem pembakaran menjadi boros. Busi adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan.

Pasalnya, bila kondisi busi sudah lemah atau mati bisa berdampak pada turunnya performa mesin.

Kondisi tersebut disebabkan oleh tidak stabilnya pembakaran akibat percikan api yang kurang seimbang. Bila masalah itu terjadi pada mobilmu, sebaiknya ganti semua busi dengan yang baru agar lebih optimal.

“Masuk angin” pada mobil juga bisa menjadi faktor lainnya sistem pembakaran menjadi boros.

BACA JUGA: Tips Buat Kamu yang Pilih Sewa Mobil untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Dan perlu diingat kamu jangan terlambat mengisi Bahan bakar yah gaes! ,Sering terlambat mengisi bahan bakar bisa mengakibatkan angin masuk ke dalam pompa injeksi.

Kemudian, angin bisa masuk ke dalam pompa injeksi karena pembuangan air pada penampungan air (water sedimen).

Untuk menanganinya, perlu teknisi berpengalaman dan berkualitas untuk memperbaiki komponen tersebut.

So, buat kamu yang bakal wara-wiri saat libur nataru, jangan lupa agar mobil kamu segera  di servis di bengkel yang resmi yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments