Minum Susu
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Selama berpuasa di bulan Ramadan setiap muslim harus bisa menjaga daya tahan tubuhnya. Terutama di masa pandemi corona seperti sekarang ini. Salah satunya caranya adalah dengan minum susu.

Kandungan vitamin D dalam susu sangat baik untuk membantu tubuh menyerap gizi. Tentunya hal itu bisa membantu kita menjaga daya tahan tubuh agat tak muda sakit.

Susu merupakan sumber makanan tambahan, bukan yang utama.Susu mengandung tiga nutrisi esensial (makro nutrisi) yang dibutuhkan tubuh, yaitu protein, lemak dan karbohidrat.

Berbagai kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasium dan magnesium juga terkandung di dalamnya. Sehingga, dengan minum, susu sesuai aturan akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh saat berpuasa maupun dalam jangka panjang,

BACA JUGA: Menjaga Imunitas Saat Puasa Ditengah Pandemi Corona 

Hal Penting Sebelum Memilih Susu Sebagai Menu Seat di Bulan Puasa

Sebelum menjadikan susu sebagai minuman sehat buka puasa, kamu perlu memahami perubahan apa saja yang terjadi pada metabolisme tubuh Anda selama bulan Ramadhan.

Selama sebulan lamanya, pola makan, jam tidur, serta aktivitas fisik harianmu berubah. Tubuh menyesuaikan perubahan ini dengan melakukan perubahan fisiologi, yakni perubahan yang berhubungan dengan fungsi organ, termasuk darah, cairan, dan elektrolit tubuh. Serta biokimia darah yang berhubungan dengan elektrolit tubuh.

Menurut Hala Abu Taha, pakar diet untuk The American Surgecenter Clinic di Abu Dhabi, tubuh baru memasuki fase berpuasa terhitung delapan jam setelah makan dan minum terakhir. Saat itu usus telah selesai bekerja menyerap berbagai nutrisi dari makanan.

Di bulan Ramadan, kita berpuasa kurang lebih 13 – 14 jam perhari selama sebulan. Ada jeda waktu 5-6 jam saat perut ada dalam kondisi benar-benar kosong. Nutrisionis dr. Rupali Datta mengatakan, meminum susu dalam kondisi perut kosong sebenarnya tidak masalah.

Apalagi susu mengandung vitamin D susu yang membantu proses penyerapan zat gizi oleh tubuh.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Jangan Mengonsumsinya Saat Perut Kosong

Namun jika kamu punya keluhan lambung atau gangguan pencernaan, sebaiknya kamu jangan minum susu saat perut dalam kondisi kosong.

Menurut pakar kebugaran Mini Shastri, minuman seperti teh, kopi dan susu tak baik dikonsumsi saat perut kosong.

Mengonsumsi susu saat perut kosong bisa menyebabkan kembung dan memicu risiko asam lambung.

Belum lagi, kata dia, sebagian orang yang tidak biasa minum susu sapi saat perut kosong bisa mengalami sakit kepala.

BACA JUGA: Ibadah Puasa di Saat Pandemi Corona, Perhatikan Hal-hal Ini 

Waktu Minum Susu

Minum susu juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka puasa memberikan manfaat yang berbeda dengan mengonsumsinya saat sahur.

Guna menghindari lemas saat puasa Ramadan adalah dengan memastikan tubuh mendapat asupan protein yang cukup. Salah satu caranya bisa dengan minum susu ketika makan sahur.

Sementara, minum susu usai pada saat berbuka puasa  dapat membantu mengembalikan energi tubuh.

Kamu dianjurkan agar minum susu juga bisa membantu tidur lebih cepat dan nyenyak karena kandungan asam amino trytophan, prekursor yang berguna untuk neotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan, sehingga membantu proses tidur lebih cepat.

Jadi, selain makan-makanan bergizi, cukupi asupan harianmu saat berpuasa dengan minum susu di waktu sahur, berbuka dan sesaat sebelum tidur ya di bulan puasa yah gaes! (Sbg/Rig)

Comments