Cinta dan pengorbanan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Banyak orang menganggap dibutuhkan pengorbanan yang besar untuk memantapkan sebuah hubungan asmara. Hal itu sebenarnya wajar ketika seseorang sangat mencintai pasangannya dan rela melakukan pengorbanan-pengorbanan tertentu demi mempertahankan hubungan dengan kekasih.

Namun, saat seseorang yang sedang menjalani hubungan cinta terkadang sudah terlalu banyak pengorbanan tanpa ada timbal balik dari pasangannya, artinya orang tersebut itu sudah menjadi budak cinta. Dan ini tidak bole terjadi sama kamu ya gaes!

Yup, kewajaran ini menjadi tidak wajar saat pengorbanan itu hanya dilakukan satu pihak. Apalagi jika menyangkut hal-hal seperti harga diri, kepentingan, nilai-nilai yang kita anggap prinsipil.

Berikut daftar pengorbanan yang tidak perlu dilakukan hanya demi menjaga hubungan dengan kekasih:

BACA JUGA : Ghosting, Ditinggal Kekasih Pas Lagi Sayang-sayangnya

Tujuan Hidup

Jika kamu berkencan dengan wanita yang tidak memiliki impian, kamu sama saja berada dalam sebuah kekeliruan.

Satu-satunya orang yang dapat membuat keputusan terkait tujuan hidup adalahkamu sendiri. Bukan orang lain, bahkan kekasihmu sekalipun.

Pertemanan

Terkadang, saat kamu sedang menjalani sebuah hubungan,  kamu tidak selalu bisa berkumpul bersama teman-teman seperti waktu single dulu. Dan itu lumrah adanya.

Namun, akan jadi malapetaka jika pasangan senantiasa membatasi atau bahkan melarangmu bertemu dengan teman sama sekali tanpa alasan jelas.

Kalau sampai dirimu mengalaminya, hubunganmu dan kekasih tidak dalam jalan yang tepat.

BACA JUGA: Aman Berkencan di Tengah Merajalelanya Virus Corona 

Hobi

Memiliki kekasih, berarti kamu juga banyak menghabiskan waktu bersamanya. Sehingga masuk akal apabila waktu untuk diri sendiri otomatis berkurang.

Yang perlu kamu waspadai, ketika pasangan menuntut agar setiap waktumu menemaninya. Ujung-ujungnya, kamu tidak punya kesempatan melakukan hobi yang kamu gemari.

Kesehatan

Tidak semestinya hubungan dua orang yang menjadi sepasang kekasih membuat kesehatan atau kebahagiaan salah satunya berkurang drastis.

Pertanyaannya, apakah pasangan justru membahayakan kesehatan mentalmu? Bila demikian, segera tinggalkan. Buat apa kamu perjuangkan susah payah, sementara ia sama sekali tidak perhatian.

BACA JUGA: Empat Cara Tepat Mengenalkan Kekasih Kepada Sahabatmu

Kebebasan

Dalam hubungan romansa, perlu pertimbangan pendapat dari kedua belah pihak mengenai setiap keputusan yang akan diambil dan disepakati bersama.

Walau begitu, bukan serta-merta ia mengambil kendali atas segala tindakan tanpa membicarakannya terlebih dulu denganmu. Seolah-olah ia ingin menang sendiri.

Intinya, berapapun lamanya waktu yang telah dijalani bersama seorang kekasih, kalau itu mengganggu kehidupanmu maka jangan ragu mengambil tindakan tegas. Wanita yang baik tentu tahu bagaimana bersikap dalam hubungan asmara.

Pengorbanan  hal-hal penting di atas sampai tak perlu kamu lakukan hanya untuk berkomitmen dengan kekasih.  Jangan menjadi budak cinta yang rela mengorbankan segalanya demi kekasih. (Sbg/Rig)

Comments