Mimpi Buruk
Ternyata, makanan yang kamu santap sebelum tidur juga merupakan penyebab utama mimpi buruk dan gangguan tidur.(Sumber Foto: xlntbrain.com)

Sabigaju.com – Apakah Kamu dalam beberapa waktu terakhir pernah mengalami mimpi buruk belakangan ini?

Nah! kamu tahu enggak kalau ternyata, makanan yang kamu santap sebelum tidur juga merupakan penyebab utama mimpi buruk dan gangguan tidur.

Para peneliti telah membuktikan korelasi antara diet dan mimpi buruk. Ditegaskan bahwa keterlibatan makanan bertepung dan manis adalah salah satu alasan utama yang berkontribusi terhadap hal ini.

Jadi, jika kamu sering mengalami mimpi buruk, sekarang saatnya bagi kamu untuk mengetahui jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur, sehingga kamu dapat tidur nyenyak tanpa mimpi buruk yang menyebabkan ketakutan.

BACA JUGA: After Sex Dilanda Rasa Lapar? Hajar Deh Empat Kuliner Ini 

Keju

Makanan ini sangat kaya akan kalori dan lemak. Jika kamu menyantap makan yang merupakan produk susu sebelum tidur dapat menyebabkan kamu mengalami mimpi buruk.

Ini karena tubuh masih berfungsi dengan kecepatan penuh untuk mencerna keju, menghalangi jam tidur Anda dengan pikiran yang tidak menyenangkan.

Hasil penelitian yang disusun oleh ilmuwan N. Glass, N. dalam dokumen berjudul Eating, sleeping, and elimination habits in children attending day nurseries and children cared for at home by mothers yang diterbitkan oleh American Journal of Orthopsychiatry, bahwa keju dapat menyebabkan mimpi buruk.

BACA JUGA: Cara Mudah Agar Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Kuliner Serba Pedas 

Sambal atau Saus Pedas

Hasil Penelitian telah mengungkapkan bahwa, makan makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu tidur nyenyak karena bumbu dalam saus panas meningkatkan suhu tubuhmu.

Hal itu diungkap oleh L Koo, dalam hasil penelitian yang dibukukan berjudul The use of food to treat and prevent disease in Chinese culture.Social Science & Medicine.

Makanan pedas sering dikaitkan dengan mimpi menyeramkan karena mereka membutuhkan lebih banyak upaya dari tubuh untuk mencerna makanan ini.

BACA JUGA: Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Minuman Manis, Berbahaya

Makanan Manis

Menurut sebuah penelitian, sekitar 31 persen dari peserta penelitian mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi makanan manis.

Hal itu dimuat dalam jurnal penelitian berjudul Genetic engineering: dreams and nightmares.

Disebutkan bahwa makan makanan manis seperti kue, kue bisa mengurangi kemampuan seseorang untuk tertidur lelap dan dapat menyebabkan mimpi buruk.

Tak hanya itu, minum cokelat panas juga merupakan penyebab utama mimpi menyeramkan alias nightmare.

BACA JUGA: Bahaya Mematikan Apabila Terlalu Sering Minum Teh 

Banyak orang mengira bahwa menonton tv ataupun film sebelum tidur sambil mengunyah camilan kripik k adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Namun ternyata hasil penelitian menyebutkan bahwa  saat kita mengonsumsi makanan cepat saji berlemak dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan tubuh, sehingga sulit untuk tidur nyenyak.

Sekitar 12,5 persen dari semua mimpi yang mengganggu disebabkan oleh konsumsi junk food seperti keripik.

BACA JUGA: Kesehatan Terancam, Bila Terlalu Banyak Menyantap Kuliner Sushi

Makanan Berbasis Tepung

Makanan bertepung seperti roti dan pasta dapat menyebabkan mimpi buruk. Ini karena mereka dikonversi menjadi glukosa dalam tubuh dan karenanya memiliki efek yang sama dengan makanan manis.

Meski nikmat, plis hindari juga mengonsumsi roti yang mengandung tepung kalau tak ingin dihantui mimpi menyeramkan saat malam hari. (Sbg/Rig)

Comments