Mengalami Pelecehan seksual
(Sumber Foto: Via eandblaw.com)

Sabigaju.com – Sekilas, rasanya mustahil jika kita mendengar bahwa pria juga bisa jadi korban pelecehan seksual. Gimana enggak, yang selama ini santer terdengar kebanyakan yang mengalami  pelecehan seksual mayoritas  adalah kaum perempuan.

Jika mayoritas, mungkin saja benar. Tapi salah jika kita menerka bahwa pria tak bisa jadi korban juga. Faktanya belakang ini, ada beberapa korban pria yang bersuara soal korban pelecehan seksual.

Diam sepertinya bukan pilihan yang tepat saat dirimu mengalami pelecehan seksual

BACA JUGA: Cowok Sejati itu Tidak Melakukan Pelecehan Seksual 

Tegas menghadapi Pelecehan Seksual

Masih lekat di ingatan kita berita artis Saipul Jamil yang didakwa karena kasus pelecehan seksual terhadap seorang laki-laki. Seorang aktor asal AS bernama Kevin Spacey juga dilaporkan telah melakukan pelecehan seksual kepada aktor lainnya, Anthony Rapp.

Bahkan di Irak, korban pelecehan seksual yang dialami pria lebih banyak dibandingkan dengan perempuan (BBC). Walau begitu, masih belum tahu apakah angka itu memang berdasarkan fakta atau korban perempuan yang justru tak mau bersuara.

Kasus pelecehan seksual yang dialami pria tak hanya di lingkungan pergaulan, tapi juga di tempat kerja. Lalu, apa yang jadi penyebab pria juga bisa jadi korban?

BACA JUGA: Menyikapi Kekerasan Terhadap Pria dalam Sebuah Hubungan 

Soal Maskulinitas

Dikutip dari argumen Romeo Vitelli dalam Psychology Today, pria yang bergaya cenderung feminin lebih rentan terkena pelecehan seksual.

Pria yang bergaya maskulin, akan merasa lebih dominan dan berhak untuk melakukan pelecehan tersebut. Entah itu dalam bentuk verbal atau bahkan sentuhan fisik.

Tak hanya mereka yang jauh dari gaya maskulin, pria feminin juga dinilai lebih rentan jadi korban ataupun mengalami pelecehan seksual.

BACA JUGA: Begal Payudara, Antara Iseng dan Konsekuensi Hukum

Jangan Diam

Lantas mengapa banyak pria yang memilih bungkam bila mengalami pelecehan seksual? Ini karena adanya stereotip bahwa pria adalah kaum yang dominan dan superior. Mereka gagah dan kuat.

Jika ada yang bahwa mereka pernah jadi korban, maka mereka dianggap lemah dan kurang maskulin.

Sama halnya dengan wanita, pria juga takut disalahkan dan malu. Mereka tak ingin ada anggapan buruk soal kehidupan mereka.

Padahal, ini adalah tentang pelanggaran yang harus dibasmi. Jika kamu mengalami pelecehan seksual, maka kamu perlu melaporkannya atau setidaknya bercerita pada rekan terdekat ya. (Sbg/Dinda)

Comments