Selfie
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu memutuskan untuk berfoto selfie terlebih di lokasi yang baru dilanda bencana. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Baru-baru ini, jagat maya dibuat geram dengan tingkah laku beberapa kelompok orang yang dianggap tidak beretiket. Mereka berswa foto atau selfie di tengah lokasi yang berdampak tsunami Banten.

Dalam foto tersebut, beberapa orang ini dinilai tidak sensitif terhadap korban tsunami Banten dengan berpose ceria . Setidaknya itulah yang diberitakan media asing, The Guardian, hingga peristiwa ini ramai dibicarakan.

Hal ini mengingatkan kita pada ramainya cekalan publik terhadap artis sekaligus penyanyi tenar, Syahrini. Ia mengunggah fotonya di Berlin Holocaust Memorial dengan pose ceria. Seakan tak menunjukkan rasa simpati terhadap histori kelam di tempat itu. Syahrini akhirnya banyak dihujat publik.

Sebetulnya, seperti apa yang harusnya jadi etiket kita ketika berselfie? Disimak baik-baik ya, Sob.

BACA JUGA:

 

1. Perizinan

Ketika kamu mengunjungi suatu tempat, ada baiknya kamu melihat aturan yang berlaku. Sebab, ada beberapa tempat yang tak mengizinkan kamu melakukan selfie. Atau jika tak yakin, tanyakan pada petugas setempat soal aturan mengambil foto.

2. Safety

Kamu pasti sudah sering mendengar kabar banyak orang meninggal ketika berselfie. Tentu ini karena dilakukan di tempat yang berbahaya atau misal dengan pose berbahaya. Berniat untuk punya foto keren itu memang boleh, tapi jangan sampai membahayakan diri kamu, apalagi orang lain.

3. Humor berlebihan

Misal, kamu sengaja selfie di toilet umum agar bisa sekalian memfoto teman yang sedang buang air kecil. Come on guys, that’s not funny at all!

4. Be respect

Nah, ini yang tadi kita bicarakan. Ada baiknya kita menghormati tempat yang kita jadikan lokasi swa forto. Kamu harus sensitif terhadap peristiwa yang melatarbelakangi lokasi tersebut ya. Tak hanya museum dengan sejarah kelam atau lokasi bencana, tempat pemakaman umum dan bahkan ICU pun tak harusnya kamu jadikan lokasi selfie.

5. Tunjukkan kebaikan

Ketika hendak melakukan selfie, dan kemudian kamu menemukan ada yang butuh pertolongan, maka sebaiknya kamu mendahulukan orang itu. Jangan hanya demi selfie kamu mengabaikan orang yang sedang membutuhkan pertolonganmu.

6. Jangan Umbar Kemesraan di tempat umum

Ini khusus untuk kita yang berbudaya Timur. Bermesraan di tempat umum dinilai tak sebagai tindakan tak beretika. Misal kamu berciuman di bus.

7. Jangan berlebihan mengunggah selfie

Berlebihan dalam mengunggah selfie di media sosial juga tak baik untuk dirimu. Tak perlu semua aktivitasmu diunggah ke medial sosial. Jika kamu banyak melakukan hal tersebut, orang akan berpikir bahwa dirimu sangat narsis.

Berselfie memang memberikan dampak positif sebagai aktualisasi diri. Tapi jika kamu tak melakukannya dengan baik, maka dampak negatiflah yang bisa kamu dapat. Jadi bijaklah dalam melakukan selfie ya, Sob. (Sbg/Dinda)

Comments