Sabigaju.com – Apakah kamu pernah meniriskan pasta yang sudah kamu rebus di wastafel? Meniriskan pasta mungkin memang sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang. Tapi tahukah kamu bahwa air bekas rebusan pasta ternyata ada kegunaannya?

Pasta adalah makanan yang terbuat dari tepung. Pasta mampu melepaskan pati dalam air rebusan pada saat mendidih sehingga menciptakan cairan putih berawan yang seringkali kita anggap “kotor” kemudian kita akan memilih untuk meniriskannya di wastafel. Padahal sebenarnya air bekas rebusan pasta tersebutlah yang merupakan ‘emas cair’ yang sebaiknya tidak kamu buang.

Air Bekas Rebusan Pasta Mampu Mengemulsi dan Mengentalkan Saus Pastamu

Jika kamu masih terpikir untuk membuang cairan putih di pastamu, sebaiknya kamu mulai berpikir ulang kembali. Cairan putih yang tercipta pasca kamu merebus pasta ternyata mampu mengemulsi serta menebalkan saus pastamu.

Emulsifikasi adalah proses pencampuran dua cairan yang akan saling tolak, yaitu minyak dan air. Kedua cairan tersebut akan menjadi campuran halus yang tidak terpisahkan. Cairan tersebut menghasilkan pati yang mampu mengemulsi dan mengentalkan. Dengan demikian, kamu akan menikmati saus pasta yang tebal dan tidak mudah berantakan.

Beginilah Caranya Menyimpan Air Bekas Rebusan Pasta

Jika kamu ingin memasukkan pasta dalam saringan raksasa, pastikan kamu menuangkan beberapa cangkir cairan memasak serta menyimpannya dalam mangkuk. Selain itu, cara lain yang dapat kamu gunakan adalah menggunakan pot dengan memasukkan pasta saringan. Dengan demikian, kamu akan mudah mengangkat saringan saat pasta sudah siap serta menyimpan semua cairan dalam panci besar.

Jika kamu memasak pasta dengan jenis spaghetti dan fettucini, kamu dapat menggunakan sepasang jepitan. Jepitan ini dapat kamu gunakan untuk memindahkan pasta yang sudah dimasak ke dalam pancimu.

Mencampurkan air pasta dalam sausmu memang membutuhkan sedikit keahlian namun bukan berarti kamu tidak bisa melakukannya. Frankie Celenza, seorang pembuat pasta modern dan Youtubers favorit mengajarkan cara sederhana memasukkan air pasta dengan langsung memasukkan air ketika sedang menumis bawang bombay. Hal ini terbukti mampu menurunkan suhu bawang bombay yang masih panas. (Sbg/Van)

Comments