Sampah plastik
Sumber Foto: inhabitat.com)

Sabigaju.com – Salah masalah yang kini dihadapi masyarakat perkotaan dan juga habitat di lautan adalah soal sampah plastik.

Dampak negatif sampah plastik tidak hanya merusak kesehatan manusia, membunuh berbagai hewan, tetapi juga merusak lingkungan secara sistematis.

Karena itu, jika tidak dikelola secara serius, pencemaran sampah plastik tentunya akan sangat berbahaya bagi kelanjutan bumi itu sendiri.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah bertumpuknya sampah plastik lebih lanjut adalah dengan mengekang atau sepenuhnya berhenti menggunakan berbagai produk plastik terutama plastik sekali pakai sehari-hari.

Nah daripada menunggu aturan pelarangan penggunaan plastik yang tak kunjung direalisasikan, Sabigaju mau bagi sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah pencemaran sampah plastik. Simak ulasannya berikut ini:

Katakan Tidak Untuk Kantong Plastik

Diperkirakan 500 miliar hingga 1 triliun kantong plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia. 1 kantong plastik membutuhkan waktu sekitar 1000 tahun untuk rusak.

Rata-rata hanya satu dari sekitar 200 kantong plastik yang didaur ulang. Kantong plastik sering ditemukan di pembersihan pantai.

Sampah Plastik
(Foto: Pixabay)

Alih-alih menggunakan kantong plastik untuk bahan makanan, gunakan tas kain yang dapat digunakan kembali.

Ada juga kantong kertas, tas kanvas, tas goni, tas katun dan tas keranjang yang bisa dijadikan alternatif.

BACA JUGA: Adidas Gunakan Bahan Sampah Plastik di Lautan Mulai 2024

Berhenti Menggunakan Sedotan Plastik

Ada jutaan orang yang menggunakan sedotan plastik setiap hari. Padahal sedotan plastik dapat memakan waktu hingga 200 tahun untuk terurai dan sedotan ini tidak dapat didaur ulang di sebagian besar tempat.

Sampah Plastik
(Foto: Unsplash)

Selain itu, sudah begitu banyak hewan laut hingga burung laut yang mati karena menelan sedotan plastik setiap tahunnya.

Sudah waktunya kita berhenti menggunakan sedotan plastik. Kamu bisa menggunakan beberapa alternatif yang baik seperti sedotan stainless steel, sedotan bambu, batang daun pepaya, sedotan kertas dan sedotan yang bisa dimakan.

BACA JUGA: Mencintai Planet Bumi Artinya Bersedia Beli Sneakers Ini

Bungkus Makanan Anda Tanpa Menggunakan Plastik

Ada beberapa alternatif yang bagus untuk kamu gunakan sebagai pengganti bungkus plastik.

Sampah Plastik
(Foto: Pixabay)

Ada timah silikon, wadah penyimpanan seperti Tupperware, Kaca dan stainless steel, lilin lebah dan bungkus makanan lilin lainnya, paket sandwich, kertas roti, penutup mangkuk dan tas kain yang dapat digunakan kembali.

Benda-benda tersebut lebih baik dalam menjaga kualitas makananmu.

BACA JUGA: Mikroplastik dalam Air Kemasan, Bahaya atau Tidak?

Berhenti Membeli Minuman Botol Plastik Sekali Pakai

Sampah Plastik
(Foto: Pixabay)

Daripada membeli air minum kemasan botol sekali pakai, Sepertinya membawa air minum dari rumah yang ditaruh dalam tumbler atau termos adalah hal yang bijak untuk mencegah pencemaran sampah plastik.

Kamu juga dapat menggunakan botol air plastik BPA gratis yang dapat digunakan kembali.

Berhenti Menggunakan Sikat Gigi Plastik

Jutaan keping sikat gigi plastik dibuang ke lautan kita setiap tahun. Polusi ini menyebabkan kematian begitu banyak mamalia laut dan satu burung laut.

Sampah Plastik
(Foto: Unsplash)

Berhenti menggunakan sikat gigi plastik adalah langkah bijak mengurangi dampak sampah plastik. Salah satu alternatif yang baik untuk sikat gigi plastik adalah sikat gigi yang terbuat dari bambu. Ada sikat gigi lain yang terbuat dari plastik daur ulang.

BACA JUGA: Kebiasaan Memasak Lebih Baik daripada Pesan Makanan Via Online 

Memasak Makanan Segar

Hal lain untuk mencegah polusi sampah plastik adalah dengan mengurangi makanan olahan menggunakan kemasan plastik mulailah beralih dengan mengonsumsi makanan segar.

Memasak makanan segar juga dapat menghemat pengeluaran sdan juga baik untuk kesehatan.

Tunggu apalagi, yuk kita proklamirkan semangat jangan ada sampah plastik di antara kita! (Sbg/Rig)

Comments