Sabigaju.com – Memasuki musim hujan saat ini, para pengemudi perlu melakukan pengecekan kendaraan sebelum memulai aktivitas berkendara dengan mobil untuk menjamin keamanan dan keselamatanmu di jalan.

Guna menghadapi musim hujan, pengecekan kendaraan harus kamu lakukan agar mobil kesayanganmu dapat digunakan secara optimal.

Nah berikut sederet komponen dan hal penting yang perlu kamu perhatikan saat pengecekan kendaraan di musim hujan.

BACA JUGA: Mencuci Mobil Usai Terguyur Hujan itu Penting, Jangan Ditunda-Tunda! 

Wiper

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat pengeckan kendaraan adalah memeriksa wiper.  Fungsi wiper sangat penting untuk menyapu air hujan dari kaca mobil agar jarak pandang or visibilitas tetap ketika berkendara.

(Foto: Pixabay.com)

Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya dilakukan penggantia agar berfungsi tetap optimal untuk menjaga visibilitas pengemudi saat hujan.

Pastikan pula ketersediaan air wiper di tabung reservoir jangan sampai volumenya kurang atau kosong yah gaesMengecek kondisi air wiper nggak susah kok Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Ban

Saat melakukan pengecekan kendaraan, pastikan kondisi ban harus dalam keadaan yang baik ketika musim hujan, sebab benda ini langsung berhubungan dengan jalan.

(Foto: Pixabay.com)

Pengecekan ban penting buat memastikan agar tidak terjadi selip yang menyebabkan mobil kehilangan traksi, bahkan bisa melintir. Hal tersebut tentunya berbahaya.

Agar laju mobil kesayanganmu tidak terganggu, selalu perhatikan kondisi ban, terutama alurnya. Jika permukaan dan alur ban sudah botak, segera ganti ban Anda dengan yang baru.

BACA JUGA: Tips Menangani Mobil Terendam Banjir

Kondisi Rem

Saat melakukan pengecekn kendaraan kamu juga harus memperhatikan kondisi Rem secara rutin dan berkala. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dirimu saat mengemudi pada musim hujan.

Pengecekan rem perlu dilakukan sebelum berkendara di musim hujan
(Foto: Freepik.com)

Perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa kondisi kampas rem untuk menentukan perlu tidaknya dilakukan penggantian. Periksa juga volume minyak rem pada reservoir tank dan pastikan tidak terjadi kebocoran.

BACA JUGA:  Cegah Tikus Bersarang di Mobil Saat Masa Pandemi 

Lampu dan Kelistrikan Mobil

Saat pengecekan kendaraan, kamu harus memastikan semua kondisi lampu  baik depan maupun belakang termasuk meter cluster, headlamp, sign, hazard, brake lamp, lampu senja, dan lainnya.menyala dengan baik.

Ini penting gaes  soalnya buat membantu visibilitas pengemudi, pengendara lain untuk mengetahui posisi kendaraan anda.terlebih pada saat mengendarai saat hujan deras.

Pengecekan lampu dan sistem kelistrikan mobil perlu dilakukan di musim hujan
(Foto: Pexels.com)

Meski, kabel kelistrikan pada mobil  zaman sekarang umumnya sudah dibekali dengan socket waterproof. Pengecekan harus dilakukan  Gaes.

Saat pengecekan kamu harus  memastikan  apakah ada yang  terkelupas karena gigitan hewan atau penyebab lainnya, yang dapat berpotensi bikin masalah pada mobil kesayanganmu. (Sbg/Rig).

Comments