Konsumsi vitamin dan makanan sehat penting di masa pandemi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di masa pandemi yang belum juga mereda, kita wajib mengonsumsi asupan gizi seimbang serta konsumsi  vitamin sebagai faktor penting untuk menjaga imunitas tubuh.

Terlebih sistem imun yang kuat telah terbukti menjadi satu-satunya cara untuk melawan Covid-19.

Lantas konsumsi vitamin apa yang paling dibutuhkan kita selama masa pandemi ini? Simak ulasannya berikut ini:

BACA JUGA: Jangan Jadi Korban Doomscrolling di Masa Pandemi!

Vitamin Apa yang Paling Dibutuhkan untuk imunitas Tubuh

Menurut ahli penyakit menular terkemuka di AS Dr Anthony Fauci, mengatakan konsumsi vitamin C dan vitamin D mampu mengurangi kerentanan terhadap infeksi. Fauci menyarankan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Vitamin lain yang dikonsumsi orang-orang adalah vitamin C karena itu antioksidan yang baik, bila orang-orang ingin mengonsumsi satu gram vitamin C atau lebih, itu akan baik-baik saja,” jelas Dr Fauci

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa konsumsi  vitamin C memiliki antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kemampuan tubuh dalam melawan penyakit, termasuk Covid-19.

Selain itu, vitamin D juga sedang diuji sebagai terapi potensial untuk Covid-19. Pengujian ini dilakukan setelah beberapa studi menunjukkan bahwa pasien Covid-19 yang diberikan vitamin D lebih jarang dirawat di unit perawatan intensif (ICU) dan memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

Defisiensi atau kekurangan vitamin C atau D diketahui berkaitan dengan risiko yang lebih tinggi untuk terkena infeksi.

Lantas bagaimana dengan suplemen? Ada baiknya  ingin kamu ingin mengonsumsi suplemen disarankan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional terlebih dahulu.

Kamu sebaiknya mengonsumsi makanan tinggi vitamin berapa di antaranya adalah jeruk, produk susu, dan ikan berlemak.

BACA JUGA: Social Media Distancing Juga Perlu Kamu Lakukan 

Bagaimana jika Kita Minus mengonsumsi Vitamin di Masa Pandemi

Sementara itu secara terpisah, ahli jantung sistem kesehatan Saint Luke Dr. James O’Keefe, yang mempelajari efek vitamin D selama bertahun-tahun mengatakan kekurangan konsumsi vitamin D dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi dan penyakit secara keseluruhan

“Jika Anda kekurangan vitamin D, kemungkinan besar Anda akan terjangkit Covid-19. Jika Anda kekurangan vitamin D, kemungkinan besar Anda akan mengalami kasus yang parah,” kata O’Keefe.

O’Keefe mengatakan dia membuktikan sendiri ampuhnya vitamin D dan merekomendasikannya kepada pasiennya.

Namun diemikian dia juga mengatakan ide yang baik untuk melakukan tes darah terlebih dahulu untuk mengetahui berapa banyak yang harus dikonsumsi.

Sebab menurut Institute of Medicine of The National Academies’ Food and Nutrition Board, kebutuhan harian vitamin jenis ini  disarankan berbeda-beda bagi setiap orang.

BACA JUGA: Jakarta dalam Kondisi Mengkhawatirkan, Jaga Imunitas Tubuh! 

Bahkan, tidak hanya berdasarkan usia, tetapi di setiap negara aturan dosis konsumsi atau kebutuhan vitamin ini juga berbeda.

O’Keefe mengatakan beberapa orang memiliki risikok tidak mendapatkan cukup vitamin D,  Dia merekomendasikan untuk keluar lebih sering berjemur  saat cuaca bagus dan mendapatkan vitamin D alami dari matahari.

Nampaknya, meski pandemi ini  nanti berakhiri, konsumsi vitamin C dan D bakal  memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. (Sbg/Rig)

Comments