Sabigaju.com – Kita tentunya berbangga saat salah satu musisi negeri ini, Agnez Mo. bisa mendapat pengakuan dari media internasional seperti Vogue lantaran konsistensi berkarya.

Sebelumnya, Agnez juga pernah masuk dalam majalah yang sama tahun lalu karena fashionnya yang super keren.  Saat itu Vogue pun menjulukinya sebagai Diva Pop Terbesar di Indonesia.

Vogue adalah majalah gaya hidup dan mode Amerika Serikat yang diterbitkan secara bulanan di 23 negara oleh Condé Nast. Vogue berarti “gaya” dalam bahasa Perancis.

Agnez Mo saat dirinya tampil dalam majalah Internasional Vogue (Foto: Instagram agnezmo)

Dalam artikel yang dimuat dalam Vogue, disebutkan bahwa walaupun Agnez masih merupakan pendatang baru di Amerika, namanya sudah tak asing lagi di Asia.

Vogue tak keliru, sebab apa yang dicapai Agnez adalah sebuah perjalanan panjang dan tidak Instan.

Berkarir sejak Kecil

Perempuan kelahiran 1 April 1986 itu memulai kariernya di dunia hiburan Tanah Air pada usia enam tahun. Sebagai penyanyi cilik, ia sudah menelurkan tiga album, yakni ‘Si Meong’ (1992), ‘Yess!’ (1995) yang merupakan album duet bersama aktor Eza Yayang, lalu setahun kemudian Agnez kembali meluncurkan album ‘Bala-bala’ (1996).

Pada masa itu, Agnez kecil kerap tampil dengan rambut dikuncir dua. Terkadang, dia muncul dengan gigi depannya yang ompong. Namun tak lama gigi depannya tampak tumbuh kembali.

Bukan hanya lewat lagu anak, Agnez kecil juga populer saat menjadi pembawa acara musik anak-anak, Tralala Trilili bersama Kak Ferry M.E Voice yang kemudian digantikan oleh Indra Bekti.

Hapus Citra Artis Cilik

Pada 8 Oktober 2003, Agnez merilis album dewasa pertamanya bertajuk And the Story Goes. lewat album ini ia menciptakan imej baru sebagai upaya menghapus label artis cilik yang melekat padanya.

Penggarapan album ini melibatkan beberapa musikus kenamaan Indonesia, termasuk di antaranya Ahmad Dhani dan Melly Goeslaw. Proses penggarapan album ini memakan waktu selama 1,5 tahun.

Cover Album Agnes Monica and_the_story_goes (Youtube)

Data dari Aquarius Musikindo selaku label yang menaungi Agnez melaporkan bahwa album And the Story Goes sudah laris dipesan sekitar 35.000 keping sebelum dirilis secara resmi.

Tak lama berselang, album ini kemudian meraih double platinum dengan penjualan lebih dari 300.000 keping.

Pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2004, Agnez memenangkan tiga penghargaaan dari total sepuluh nominasi, yaitu sebagai Artis Pop Solo Wanita Terbai” untuk lagu ‘Jera’, “Karya Produksi Dance/Tehno Terbaik” untuk lagu ‘Bilang Saja’, serta Duo/Group Terbaik untuk kolaborasinya dengan Ahmad Dhani di lagu ‘Cinta Mati’.

Triple Platinum untuk ‘Whaddup A’..?!’

Agnez resmi meluncurkan album keduanya berjudul Whaddup A’..?! pada tanggal 10 Desember 2005.

Dalam album ini, selain menggandeng sejumlah musisi Indonesia seperti Dewiq, Melly Goeslaw, dan Andi Rianto, Agnez Mo juga mengajak penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi.

Cover kaset Album Agnes-Monica-Whaddup (Youtube)

Lewat album ini Agnez menyabet dua penghargaan yakni Artis Pop Wanita Terbaik dan Karya Produksi R&B Terbaik untuk lagu ‘Bukan Milikmu Lagi’ di ajang Anugerah Musik Indonesia 2006,

Penghargaan lain yang diraihnya lewat album ini adalah saat ajang Penghargaan MTV Indonesia 2006, ia kembali meraih trofi “Most Favorite Female” berkat lagu ‘Tak Ada Logika’.

Album Whaddup A’..?! juga telah meraih triple platinum untuk angka penjualan album yang mencapai lebih dari 450.000 keping.

Ke Layar Kaca Bersama Aktor Mancanegara

Pada tahun 2005, Panggung hiburan dihebohkan oleh Agnez yang terlibat dalam syuting serial drama Asia berjudul The Hospital di Taiwan yang dibintangi oleh Jerry Yan, salah satu personil F4.

Agnez juga ikut dalam syuting serial Romance in The White House bersama Peter Ho, yang dalam serial ini ia bermain hanya dalam beberapa episode saja.

‘Sacredly Agnezious’ dan Single Terlaris

Pada tanggal 1 April 2009 Agnez kembali meluncurkan album ketiganya yang diberi judul ‘Sacredly Agnezious’. Kali ini, Agnez lebih terlibat secara langsung dalam pengerjaan album. Dengan kembali dibantu oleh sejumlah musisi ternama, yaitu Erwin Gutawa, Dewiq, Pay, dan DJ Sumantri.

Cover AlbumSacredly Agnezious.(Youtube)

Lewat Album ‘Sacredly Agnezious’ ini Agnez meraih 2 penghargaan di ajang MTV Indonesia Awards 2009. Agnez menyabet penghargaan sebagai “Most Favorite Female” serta “Artist of the Year” yang merupakan penghargaan tertinggi dalam acara tersebut.

Lewat album ini pula ia berhasil meraih penghargaan, masing-masing untuk kategori ‘Album Pop Terbaik’, ‘Artis Solo Pop Wanita Terbaik’ serta Album Terbaik’ di ajang Anugerah Musik Indonesia yang digelar pada tahun 2010.

Sementara “Matahariku” merupakan singel terlaris Agnes dengan penjualan nada sambung mencapai lebih dari tiga juta dalam waktu sembilan bulan.

Kejutan ‘Paralyzed’

Hal mencengangkan terjadi pada 2011, putri dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Suprapto ini merilis single berjudul ‘Paralyzed’ dan album berjudul ‘Agnes is My Name’.

Cover album Agnez is my name (Youtube)

Agnez berhasil menyabet tujuh penghargaan sekaligus dalam ajang JpopAsia International Music Awards 2010 dengan memborong penghargaan sebagai Favorite artist/band, Best Female Solo, Most Promising Artist/Band, Best Musical Ability (vocal, instrumental, etc.), Best Use of Social Media (facebook, twitter, etc.), Sexiest Female Singer, dan Most-Wanted To Be Girlfriend.

Single dan Album Internasional

Agnez Mo baru benar-benar merilis single internasionalnya saat merilis Lagu berjudul ‘Coke Bottle’ di Amerika Serikat, pada 24 September 2013. Dua musisi internasional yakni Timbaland dan TI turut tampil dalam perilisan single tersebut.

Melalui situs MTV di ‘Most Popular Music Videos’ video klip ‘Coke Bottle’ sukses menempati posisi pertama. Video klip Agnez itu sukses mengalahkan beberapa video klip musisi ternama dunia yang juga baru dirilis. Sebut saja video klip terbaru Miley Cyrus ‘4×4’ dan Ellie Goulding ‘Beating Heart’.

Cover Album ‘X’ Agnez Mo (Foto instagram agnezmo)

Para fans Agnez harus menunggu selama 3 tahun lamanya sebelum akhirnya Agnez merilis album debut Internasionalnya yang bertajuk ‘X’ pada 10 Oktober 2017 lalu.

Wuih, panjang dan penuh prestasi kan karir musik Agnez Mo. Semoga perjuangan karir musiknya bisa menginspirasimu ya. (Sbg/Rig)

Comments