Sabigaju.com – Salah satu cara yang banyak diketahui untuk meredakan stress secara alami adalah dengan berolahraga. Karena selain kita bisa menyalurkan energi negatif kita pada saat berolahraga, endorfin yang dihasilkan setelah berolah raga akan sangat membantu untuk meredakan stress.

Pejalan Kaki di Indonesia

Kenyataanya, Indonesia malah disebut-sebut sebagai negara dengan penduduk yang paling sedikit berjalan kaki.

Hal ini dinyatakan oleh para peneliti di Universitas Stanford menggunakan data menit per menit dari 700.000 orang yang menggunakan aplikasi pemantau aktivitas bernama Argus pada telepon seluler mereka.

Hasilnya, orang-orang di Hong Kong menempati urutan teratas dalam daftar penduduk paling rajin berjalan kaki. Publik Hong Kong rata-rata  berjalan kaki sebanyak 6.880 langkah setiap hari.

Adapun menurut riset yang sama, penduduk paling jarang berjalan kaki di dunia adalah orang Indonesia, yang berada pada posisi terbuncit dengan mencatat 3.513 langkah per hari.

Hal ini sangat disayangkan, mengingat berjalan kaki bisa membawa manfaat yang besar untuk kesehatan.

Berjalan Kaki Meredakan Stress?

Menurut beberapa penelitian sebagaimana dikutip dalam Huffington Post, berjalan kaki di pagi maupun sore hari ternyata mampu meredakan stress.

Anda tak perlu berjalan hingga berkilo-kilo meter, cukup dengan berjalan kaki santai di sekitar rumah atau taman.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Colorado dan Universitas Tennessee menemukan bahwa wanita yang berjalan kaki sebanyak 1-2 mil dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah hampir 11 poin dalam waktu 24 minggu.

Selain mengurangi stress, wanita yang berjalan kaki selama 30 menit sehari memiliki risiko stroke yang lebih rendah sekitar 20-40%, tergantung kecepatan mereka berjalan, menurut para peneliti di Universitas Harvard.

Jalan Kaki, Kesehatan, dan Lifestyle

ilustrasi Pexels

Memang sih, bagi kamu yang tinggal di perkotaan seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya kegiatan berjalan kaki di kota-kota besar masih belum memberikan kenyamanan maksimal seperti halnya di negara Eropa.

Hal ini diakibatkan dari beberapa variabel karena polusi udara, kriminalitas, hingga fasilitas trotoar yang tidak memadai.

Kalau kamu termasuk yang jarang berjalan kaki, cobalah kamu mencoba berjalan kaki dengan mendengarkan musik favorit kamu. Kamu cukup berjalan kaki memutari lingkungan rumahmu saja, sob.

Coba juga untuk berjalan kaki bersama pasangan atau teman kamu di pagi atau sore hari ke rute-rute yang mempunyai pemandangan unik, asri dan hijau. Dijamin pasti pengalaman jalan kaki kamu akan menyenangkan.

Atau kamu juga bisa dengan menempuh jarak-jarak pendek dengan berjalan kaki, jikan selama ini jarak pendek selalu ditempuh dengan kendaraan.

Terkadang keinginan berjalan kaki ada, namun malas memulainya? Paksakan diri kamu untuk memulai. Setelah kamu berjalan kaki dan merasakan bahwa tubuhmu lebih segar, pikiranmu lebih jernih, dan kamu merasa lebih bahagia karena endorfin yang dihasilkan, kamu tidak akan merasa malas lagi untuk memulai berjalan kaki. (Sbg/Ary)

Comments