berwisata bisa menumbuhkan kecintaan terhadap Indonesia
(Foto: Instagram.com/mtho_riq)

Sabigaju.com – Hari ini Senin, 17 Agustus 2020, segenap Bangsa Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan yang ke-75.

Sebagai negara merdeka, Indonesia dikarunia oleh Tuhan pesona alam yang sangat kaya dan luar biasa, dari ujung paling barat hingga yang paling timur.

Indonesia punya semuanya. Laut yang sangat indah, gunung yang cantik dengan pemandangan yang begitu menyehatkan mata.

Setiap tempat di Indonesia ada ciri khasnya masing-masing, dan tidak akan habis untuk dieksplorasi. Selalu ada hal yang baru untuk ditemukan

Sebagai bangsa yang merdeka, rasa cinta tanah air bisa ditumbuhkan dengan beragam cara. Yang paling mudah dan asyik, bisa dimulai dari liburan di negeri sendiri.

Dengan berwisata warga semakin dibiasakan memahami identitas bangsanya. Dengan begitu, berpesiar berkontribusi positif pada pembentukan rasa cinta Tanah Air. Mengenal, menyenangi, dan bangga pada Tanah Air.

BACA JUGA: Merdeka, Ini Tanah Airmu di Sini Kita Bukan Turis 

Surga Budaya dan Seni

Indonesia adalah rumah dari banyak suku dan ras, kurang lebih 700 suku bangsa yang tersebar di seluruh penjuru nusantara banyak pula kebudayaannya.

Lewat kegiatan wisata kamu bisa mengeksplorasi budaya Tanah Air. Dan itu adalah sesuatu yang nggak akan ada habisnya. Mempelajari hal yang baru itu bisa menjadi kebahagiaan tersendiri.

Dengan berwisata di Tanah Air kita bisa mengenal budaya tari, musik tradisionil, hingga kain yang punya niilai seni begitu tinggi.

Mengenali budaya lokal yang dimiliki berbagai daerah di Indonesia bisa menambah rasa cinta Tanah Air bahkan kamu bisa untuk mempelajari dan melestarikannya.

Betapa malu dan hinanya kita sebagai bangsa di mata dunia jika sampai tak mengenal seni dan budaya saudara sebangsa sendiri.

BACA JUGA:Nihi Sumba, Surga Tersembunyi Buat Orang Berduit 

Surga Kuliner

Berbagai di Tanah Air memiliki ciri khasnya dalam hal kuliner. Misalnya  Palembang dengan pempeknya, Bandung dengan aneka olahan acinya.

Ataupun Padang yang terkenal dengan olahan rendangnya hingga membuat Cheff kelas dunia Gordon Ramsay sampai datang untuk belajar membuat kuliner ini.

Kalau si Gordon saja begitu menghargai  kuliner khas Indonesia sampai mau belajar membuat rendang, sudah sampai mana tingkat kecintaanmu terhadap kuliner lokal Tanah Air.

Sepiring makanan bukan hanya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia sebab memiliki nilai sejarah dan filosofinya sendiri serta menjadi identitas bangsa.

BACA JUGA: Makan Ikan Masih Minim di Negeri Maritim 

Dengan berwisata kam akan sadar akan kekayaan serta potensi dari kuliner lokal. Dengan kesadaran itulah kita mengambil langkah mempertahankan dan mengembangkan kuliner Tanah Air di pasar global, khususnya bidang pariwisata.

Jangan sampai masyarakat luar negeri lebih dulu sadar akan potensi kuliner Indonesia dan merebut pasarnya secara perlahan.

Dengan terbiasa jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia bakal menumbuhkan rasa cintamu pada negeri Ini. (Sbg/Rig)

Comments