Suasana di Tanah Abang, Jakarta
(Foto: Instgram.com/kevin.pict)

Sabigaju.com – Kondisi Kota Jakarta kini semakin mengkhawatirkan karena hingga Selasa kemarin, masih tercatat peningkatan jumlah kasus harian positif Covid-19.

Jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta bertambah 1.015 orang hingga Selasa (8/9/2020) kemarin. Dengan demikian, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta adalah 48.811 orang.

Sebanyak 36.451 orang dinyatakan telah sembuh dengan tingkat kesembuhan 74,7 persen. Kemudian, 1.330 orang meninggal dunia dengan tingkat kematian 2,7 persen.

Sedangkan kasus aktif Covid-19 di Ibu Kota adalah 11.030 orang, artinya mereka masih menjalani perawatan atau isolasi.

Makanan dan Imunitas Tubuh

Melihat kenyataan itu diperlukan kesadaran dan kedisplinan warga Jakarta untuk semua pihak agar angka Covid-19 dapat berangsur turun.

Warga Jakarta sebaiknya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat seperti sering mencuci tangan, menerapkan jaga jarak ataupun mengenakan masker saat melakukan aktivitas diluar.

Para pakar mengingatkan, pencegahan juga tak kalah pentingnya. Salah satunya dengan meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi ini.

Imunitas tubuh juga bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi sejumlah bahan makanan makanan yang mudah ditemukan di kawasan Jakarta.

BACA JUGA: Kuliner Kaya Gizi Buat Bikin Fresh Kamu di Musim Kemarau 

1. Jeruk

Banyak orang selama ini langsung mencari sumber vitamin C ketika terserang flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C diduga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Sementara, hampir semua buah jeruk kaya akan vitamin C. Ada berbagaai jenis buah jeruk yangbisa kamu konsumsi mulai dari : Jeruk bali Jeruk keprok Jeruk lemon Jeruk nipis

Jumlah harian yang disarankan untuk kebanyakan orang dewasa adalah: 75 mg untuk wanita 90 mg untuk pria Jika Anda memilih suplemen, hindari mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram (mg) sehari.

2. Brokoli

Sayuran ini cukup mudah ditemukan di Jakarta. Brokoli adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin dan mineral.

Beberapa di antaranya, yakni: Vitamin A Vitamin C Vitamin E Brokoli juga mengandung serat dan banyak zat antioksidan lainnya sehingga sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh.

Kunci untuk mempertahankan kandungan nutrisi brokoli ini, yaitu dengan mengolah atau memasaknya sesederhana mungkin, seperti hanya mengukusnya.

BACA JUGA: Kuliner Serangga, Santapan Masyarakat Dunia Di Masa Depan 

3. Bawang putih

Bahan kuliner ini  pun cukup mudah ditemukan di kota Jakarta dan  bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Bawang putih bisa ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Bahan makanan ini ternyata tak hanya dapat meningkatkan cita rasa makanan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan.

(Foto: Pexels.com)

Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan pembuluh darah, dan ada bukti lemah bahwa itu membantu menurunkan tekanan darah.

Sifat meningkatkan kekebalan bawang putih tampaknya berasal dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

4. Jahe

Bahan kulinerinicukup mudah ditemukan di kota Jakarta dan  bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh adalah Kunyit.

(Foto: Freepik.com)

Jahe iuga dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi terjadinya sakit tenggorokan dan penyakit radang.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, jahe juga terbukti bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan berikut: Mengatasi mual Mengurangi nyeri kronis Memiliki sifat penurun kolesterol.

BACA JUGA: Jaga Imun Tubuh, Hindar Kebiasaan Mengonsumsi Kuliner Ini

5. Kunyit

Bahan kuliner lainnya yang cukup mudah ditemukan di kota Jakarta dan  bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh dan bisa menjadi antivirus. adalah Kunyit.

Kunyit secara empiris memiliki manfaat antiinflamasi untuk mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid.

(Foto: Freepik.com)

Konsentrasi tinggi curcumin pada kunyit terbukti dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang disebabkan oleh olahraga.

Mari kita jaga imunitas tubuh dan semoga kondisi Kota Jakarta membaik. (Sbg/Rig)

Comments