Vegan
(Sumber Foto: veganfauxever.com)

Sabigaju.com – Hari ini Jumat 1 November 2019 diperingati sebagai Hari Vegan sedunia dengan tujuan untuk mengampanyekan betapa mudah dan bermanfaatnya gaya hidup vegan.

Oleh karena itu di bulan  ini, orang-orang yang mengusung gaya hidup vegan membagikan banyak informasi. Intinya mendorong orang untuk penasaran dengan vegan. Informasi yang disajikan bisa seputar saran, resep, dan ide.

Pola makan vegan tidak mengonsumsi protein hewani sama sekali seperti daging, keju, susu, telur, hingga madu.

Konsumsi sayur dan buah mentah diyakini lebih lebih sehat dan alami. Hal ini terkait kandungan nutrisi dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh.

Dan berikut merupakan sederet makanan vegan yang menyehatkan dan bisa jadi pilihan saat kamu ingin berdiet.

BACA JUGA: Buah, Bikin Gairah Seksual Terhadap Pasangan Bergelora

Buah Segar

Buah adalah makanan luar biasa yang kaya akan nutrisi. Selain itu buah-buahan juga sangat mudah ditemui dengan harga yang relatif murah.

Kebanyakan buah secara alami rendah lemak, natrium, dan kalori dan merupakan sumber nutrisi penting seperti kalium, vitamin A dan C, folat, dan serat makanan.

Buah juga bisa langsung dimakan secara segar dan utuh seperti pisang, pir, mangga, nanas, berry, dan lainnya. Selain dimakan secara utuh dan segar, buah-buahan juga dapat dikonsumsi sebagai salad untuk membantu peningkatan nutrisi dan kalori dalam tubuh.

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, limau, dan grapefruit, juga dapat digunakan sebagai saus pada pola makan vegan mentah.

Kandungan asam sitratnya dapat membantu untuk melunakkan sayuran seperti bit, kangkung, lobak dan semacamnya.

BACA JUGA: Kerap Dianggap Menyehatkan, Deretan Snack ini Justru Tidak Sehat 

Jus & Smoothie Buah

Smoothie buah mengandung nutrisi baik untuk tubuh. Selain tinggi serat, smoothie buah juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh maupun pencernaan. Karena jus atau smoothie adalah buah yang telah dihaluskan dan sangat membantu untuk pencernaan.

Smoothie tak hanya terbuat dari buah saja, bisa saja jika ditambahkan sayuran, madu, dan oats.

Namun jangan terlalu sering mengonsumsi jus atau smoothie.Soalnya,  jus dan smoothie i mengandung gula yang tinggi, walaupun zat manis alami itu juga bisa membahayakan untuk kenaikan gula darahmu.

BACA JUGA: Nih, Makanan yang Mampu Menjadi Penguat Daya Ingat untuk Pria

Sandwich Selada

Roti itu bukanlah makanan mentah. Nah sebagai  pengganti roti untuk sandwich, kamu bisa menggunakan daun selada yang sangat baik untuk diet vegan

Selada sandwich sangat cocok karena bisa memberikan tekstur yang renyah. Campuran untuk selada sandwich ini bisa berisikan jagung, alpukat, tomat, paprika, daun ketumbar, dan juga bawang putih.

Pilihan lain bisa berupa mentimun, jamur, dan kol merah yang direndam dalam kecap asin dan cuka beras.

Selada sandwich ini juga menyediakan mineral penting, seperti kalsium dan zat besi yang penting untuk diet veganisme.

Kacang Rendam

Kacang-kacangan kaya akan serat, dalam satu cangkir kacang bisa mengandung 9-13 gram serat.

Serat pangan yang terkandung ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Kacang-kacang juga mengandung protein, karbohidrat kompleks, folat, dan besi.

BACA JUGA: Makan Kacang Bikin Pria Makin Dahsyat di Ranjang

Jenis kacang seperti kacang hitam, buncis, dan lainnya merupakan sumber protein penting dalam diet veganisme. Kacang-kacangan juga mungkin dikonsumsi walau tanpa proses masak.

Kamu  bisa merendam kacang-kacangan sampai lunak dan membilasnya secara bersih agar menghasilkan kacang yang aman untuk dikonsumsi secara mentah.

Namun, sebaiknya kamu periksa dulu yah saat ingin mengonsumsinya. Sebab, ada kandungan zat yang dapat menyebabkan sakit perut , mual hingga muntah. Selamat hari vegan sedunia. (Sbg/Rig)

Comments