Berbusana rapih saat bekerja dari rumah
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Bekerja dari rumah mungkin memberikan beberapa keleluasaan bagi karyawan, seperti bisa bekerja hanya dengan berbusana mengenakan baju santai.

Yup, kita mungkin berpikiran untuk menggunakan pakaian santai sembari menuntaskan pekerjaan. Toh, kita tidak akan bertemu siapa-siapa.

Padahal, hal ini tidak selalu baik untuk dilakukan lho, gaess. Berbusana  santai dikhawatirkan bisa menurunkan produktivitas pekerja. Lebih dari itu mindset dan mood yang terbentuk juga santai lantaran kita jadi merasa terlalu nyaman.

BACA JUGA: Perhatikan Hal Ini Saat Bekerja dari Rumah Jadi Pilihan

Busana Penting untuk Mood Kerja

Salah satu rahasia untuk membangkitkan mood saat bekerja dari rumah. Yakni dengan berbusana  yang rapih dan nyaman.

Menurut para ahli, penampilan dan cara berbusana juga memiliki pengaruh tersendiri dalam budaya kerja.

Dalam sebuah penelitian di Journal of Experimental Psychology, tingkat kewaspadaan atau rasa awas yang dimiliki seseorang bisa dipengaruhi oleh caranya berbusana.

Penelitian itu menggarisbawahi, “Pengaruh dari sebuah pakaian bergantung kepada pemakaian dan makna simbolis di baliknya

Kalau ada orang yang berpendapat bahwa menjaga penampilan berbusana bukanlah suatu hal yang penting saat bekerja dari rumah. Justru hal ini salah,. Soalnya anggapan itu bisa lho membuatmu jadi bermalas-malasan.

BACA JUGA: Pentingnya Grooming untuk Penampilan Pria

Selalu Kenakan Busana Terbaik saat Bekerja dari Rumah

Menurut Dawn Karen, seorang Psikolog Fashion dan Penulis Dress Your Best Life.Saat bekerja dari rumah, pilihlah busana terbaik karena dapat membangkitkan mood untuk memulai bekerja.

“Saya punya teori di bidang psikologi fashion yang disebut busana untuk meningkatkan mood,” katanya.

Jika kamu menggunakan busana terbaik, tentunya dapat mengoptimalkan suasana hati. Segera bangkit dari kasur, lalu mandi dan gunakan pakaian terbaikmu.

“Memilih pakaian saja terbukti paling bermanfaat untuk membangkitkan mood,” imbuh Dawn.

Pakaian terbaik dapat membuat nilai positif dirimu dalam bekerja. Seperti memakai blouse favorit, warna favorit, atau apapun yang memiliki makna khusus bagimu.

BACA JUGA: Tips Gaya Fesyen Pria Sesuai Gaya Karakter

Dawn juga mengimbau  untuk tetap berbusana rapi, walaupun bekerja dari rumah. Bukan menggunakan pakaian seadanya atau malah tidak mandi sebelum membuka laptop.

Apalagi, jika di hari itu kita memiliki jadwal untuk melakukan conference call bersama rekan atau atasan.

Jangan sampai, kita terlihat berbusana tidak pantas di hadapan mereka. Sebab, ini bisa mempengaruhi kredibilitas kita di mata mereka.

“Anda tidak harus berbusana dengan jas dan dasi saat bekerja di rumah, tetapi mungkin mengenakan T-shirt dan outer,” tutup Dawn. (Sbg/Rig)

Comments