menjaga kesehatan organ Paru-paru
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 yang kini tengah melonjak, sangat penting merawat dan menjaga kesehatan organ paru-paru kita dengan benar. Karena yang diserang oleh virus Covid-19 adalah sistem pernapasan dan organ paru-paru

Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan mengandung nutrisi tinggi, untuk membantu melindungi dari berbagai kondisi pernapasan.

Nah ada sederet makanan penuh nutrisi yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan organ paru-paru.

BACA JUGA: Dear Jakartans, Kita Stay At Home Dulu Yah!

1. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan nutrisi yang bersifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Menurut Pakar onkologi dari Detroit, Michigan, Adil Akhtar, ahli , konsumsi bawang putih juga mengurangi resiko kanker pada organ paru-paru.

Imunitas Tubuh
(Foto: Freepik.com)

Konsumsi bawang putih bisa dalam bentuk matang maupun mentah. Bawang putih juga memiliki kandungan anti bakteri yang jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu membersihkan tubuh dari racun.

Bawang putih juga sudah lama digunakan sebagai obat flu, batuk dan pilek. Penyakit asma ringan juga bisa diobati dengan bawang putih. Bawang putih juga bisa jadi bumbu penyedap pada masakan jadi tak ada salahnya menggunakan banyak bawang putih pada masakan.

2. Jahe dan Air Putih

Makanan dn minuman lain yang juga bagus untuk kesehaatan organ paru-paru adalah jahe dan air Putih

Menurut direktur Kesehatan Masyarakat, Pencegahan & Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Arizona – Phoenix, Farshad Fani Marvasti, MD,cara terbaik untuk menjaga paru-paru adalah dengan minum banyak air.

Jahe
(Foto: Pixabay.com)

“Untuk kesehatan paru-paru yang optimal pastikan untuk minum banyak air, karena paru-paru menggunakan air untuk menjaga saluran udara agar tetap bersih dari lendir dan peradangan.”

Setidaknya 80% dari paru-paru adalah air jadi untuk menjaga kebersihan paru, kamu harus banyak mengonsumsi air.

Air Putih
(Foto: Unsplash.com)

Ketika paru-paru mengalami dehidrasi maka berbagai masalah kesehatan akan mudah mengganggu.

Selain perbanyak minum Air putih baiknya kalian juga sering mengonsumsi jahe.

Menurutnya secara alami jahe adalah dekongestan alami yang membantu membersihkan saluran udara yang tersumbat dan meningkatkan sirkulasi di paru-paru. Marvasti menyarankan mencoba konsumsi teh jahe atau air rebusan jahe.

BACA JUGA: Jakarta dalam Kondisi Mengkhawatirkan, Jaga Imunitas Tubuh!

3. Apel dan Tomat

Kuliner lain yang juga baik dan sehat untuk organ paru-paru adalah buah apel dan tomat.

Kedua buah tersebut memiliki kemampuan untuk membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru secara alami.

(Foto: Unsplash)

Sebuah penelitian menunjukkan kalau dua buah ini berperan membantu memperbaiki paru-paru para perokok.

“Apel dan tomat mengandung antioksidan tingkat tinggi, yang penting dalam melindungi paru-paru dari efek berbahaya polutan dan asap rokok,” kata ahli nutrisi.

Tomat
(Foto: Pixabay.com)

Apel dan tomat bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar atau dijadikan makanan olahan. Apalagi tomat dan apel punya rasa enak dan menyegarkan yang sudah pasti disukai banyak orang.

Selain menjaga kesehatan organ paru-paru, dua buah ini juga kaya akan serat dan vitamin.

Green Tea

Teh hijau adalah pilihan yang baik untuk kesehatan organ paru-paru karena tingginya tingkat antioksidan, termasuk quercetin.

Zat ini berperan seperti antihistamin alami dan memperlambat pelepasan histamin yang mengurangi peradangan dan melindungi paru-paru dari iritasi.

Teh Hijau
(Foto: Pixabay)

Minum teh hijau setiap pagi akan membantu menjaga kesehatan paru-paru. Selain paru-paru, teh hijau juga memiliki segudang manfaat lainnya mulai dari memberi efek rileks,

Minum teh hijau bisa dilakukan pagi ataupun sore hari. Minum teh hijau setiap hari juga membantu menenangkan pikiran.

BACA JUGA: Jaga Imun Tubuh, Hindar Kebiasaan Mengonsumsi Kuliner Ini 

5. Cabai rawit

Tidak banyak yang tahu kalau cabai rawit bisa menjaga kesehatan organ paru-paru. Kandungan capsaicin pada cabai terbukti ampuh merangsang sekresi yang melindungi selaput lendir yang ada di dalam paru-paru.

Cabai Rawit Baik untuk kesehatan paru-paru
(Foto: Freepik.com)

Selaput lendir ini melapisi bagian atas dan bawah saluran pernapasan pada paru-paru. Selain menjaga paru-paru, cabai juga punya khasiat membantu proses detoksifikasi, mencegah pembekuan darah, melancarkan proses metabolisme dan menjaga tekanan darah.

Namun demikian, perhatikana takarannya yah gaes,  biar tidak menimbulkan efek pada organ tubuh lain saat  mengonsumsi kuliner pedas ini.

Nah, semoga informasi ini dapat membantumu dalam menjaga kesehatan organ paru-paru di masa pandemi ini. (Sbg/Rig)

Comments