menjaga kesehatan mata penting disaat semua aktivitas dilakukan secara online
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Menjaga kesehatan mata saat ini adalah hal penting untuk dilakukan mengingat begitu banyak aktivitas yang harus dilakukan lewat jalan online dan melibatkan gadget di masa pandemi ini.

Mulai dari bekerja dari rumah dengan gadget, berbelanja online, berinteraksi dengan kerabat dan handai taulan secara online hingga anak pun kini harusbelajar daring dari rumah.

Saat terjadi kontak mata dengan gawai, otomatis frekuensi berkedip berkurang. Akibatnya, mata kering, terasa perih, dan nyeri. Kemudian, mata memerah dan terasa gatal. Bahkan, anak mual dan pusing.

Nah, salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi kuliner yang mengandung asupan nutrisi yang dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata dan memiliki manfaat bagi  indera penglihatan kita.

BACA JUGA: Kacamata Bisa Jadi APD Saat Pandemi Corona

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi sehingga baik untuk mata. Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang tidak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga meningkatkan kesehatan mata, fungsi penglihatan dan kesehatan kulit.

Wortel baik untuk kesehatan mata.
(Foto: Unsplash.com)

Mengonsumsi satu wortel berukuran sedang, kita sudah memberikan tubuh sekitar 5.000 IU vitamin A, yang pada gilirannya akan membantu menjaga mata tetap sehat.

2. Brokoli, Kubis, Paprika

Kubis, paprika, dan brokoli, ketiganya juga bisa kamu konsumsi  untuk membantuu kesehatan mata agar  terhindar dari masalah penglihatan.

ketiga Makanan ini kaya akan vitamin C, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh serta indera penglihatan.

Antioksidan ini bekerja dengan cara menakjubkan untuk mencegah kerusakan sel-sel di mata. Mengonsumsi makanan tersebut secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit mata akibat usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

BACA JUGA:  Jakarta dalam Kondisi Mengkhawatirkan, Jaga Imunitas Tubuh!

3. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau tua sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Di dalamnya terkandung zeaxanthin dan lutein, fungsinya untuk meningkatkan fungsi penglihatan mata.

(Foto: Unsplash)

Sayuran ini juga mengandung antioksidan yang melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Jadi, pastikan untuk memasukkan sayuran hijau ini dalam menu makanan sehari-hari

4. Ikan, Daging dan Telur

Ikan terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baikyang bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan efektif melawan sindrom mata kering.

(Foto: Unsplash)

Untuk mendapatkan menjaga kesehatan mata, maka kita harus menyertakan ikan tuna, salmon, dan sarden dalam menu makanan.

Rendang Daging. (Foto: Twitter)

Sementara daging sapi tanpa lemak bermanfaat meningkatkan asupan zinc, yang pada gilirannya meningkatkan penyerapan vitamin A dan membuat mata selalu sehat.

Kuliner Telur
Foto: Unsplash.com)

Sedangkan telur baik untuk mata karena mengandung protein, vitamin E, lutein, dan omega-3.

BACA JUGA: Dunia Ilmiah Menguji Kekuatan Doa untuk Sembuh dari Corona

5. Jeruk dan Blueberry

Jeruk merupakan salah satu sumber terbaik dari vitamin C dan kita membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berkat vitamin C, jeruk juga bekerja bagus untuk mencegah  penurunan fungsi mata.

Buah jeruk baik untuk kesehatan mata
(Foto: Pexels.com)

Selain jeruk, blueberry harus ada dalam menu makanan kita karena dapat memberikan antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan mata dan kesehatan secara keseluruhan.

Blueberry baik untuk kesehatan mata
(Foto: Unsplash.com)

Tidak hanya menurunkan risiko glaukoma dan katarak, blueberry juga melindungi kita dari kanker, penyakit jantung lho gaes.

So, jangan abai untuk menjaga kesehatan mata kita yah gaes! (Sbg/Rig)

 

Comments