Jakarta
Mari jaga kedamaian di Kota Jakarta ini melalui status dan kegiatan menginspirasi di media sosial. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Suasana Tegang kini sangat terasa di Ibukota Jakarta, paska aksi damai yang berlangsung di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta, yang berujung ricuh pada Rabu (22/5/2019) dini hari.

Rencananya hari ini aksi unjuk rasa kembali berlangsung di kantor Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Jakarta. Semoga saja aksi demo berjalan damai dan bisa menjaga kententraman masyarakat yang melakukan aktivitas dan yang terpenting adalah ricuh tidak terulang.

Demi menghindari risiko terburuk aksi demonstrasi, beberapa perusahaan mengimbau karyawan untuk bekerja dari rumah.

Bahkan ada perusahaan yang menginstruksikan agar seluruh karyawan tidak bekerja di kantor dengan alasannya, menghindari keramaian aksi 22 Mei 2019.

BACA JUGA: Detoks Maskulinitas: Kekerasan Bukan Gambaran Pria Sejati 

Ragam Tanggapan dari Dunia Maya

Di berbagai jejaring sosial netizen menyuarakan keprihatinan lantaran kericuhan yang terjadi di Tanah Abang dan Kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Tagar #SaveIndonesia menggema di Twitter dan menjadi salah satu trending topic di Indonesia.

Mereka umumnya mengatakan Kericuhan ataupun kerusuhan sangatlah merugikan semua pihak, semua masyarakat Indonesia, Tidak akan ada yang menang.

Tak sedikit netizen yang mendoakan polisi yang tidak diketahui identitasnya itu selamat dalam menjalankan tugasnya. Beberapa di antaranya meminta pelaku unjuk rasa untuk tidak melakukan kembali tindakan ricuh yang merugikan saat melakukan demo.

BACA JUGA: Bikin Rugi dan Nggak Keren! Debat Politik di Medsos Itu Buang Waktu

Agar Jangan Terpancing Provokasi

Salah satu bentuk provokasi yang lazim dilakukan dan berujung kericuhan adalah dengan menyebarkan berita fitnah, bohong atau hoax dengan harapan memancing kericuhan saat terjadinya aksi demo.

Untuk menghindari kericuhan akibat provokasi broadcast hoax, ada hal-hal yang bisa kamu lakukan.

Ada baiknya jika kamu mendapatkan informasi agar membaca berita dari sumber yang jelas dari dalam atau luar negeri.Nah, kalau dapat broadcast bisa dicek dulu kebenarannya

Cara paling mudah untuk mengecek kebenaran broadcast yang diterima adalah dengan menggunakan internet. Misalnya mendapat kabar adanya tindakan anarkis atau kerusuhan, cek apakah kabar tersebut benar dan sudah diberitakan oleh situs-situs berita yang terpercaya.

BACA JUGA: Kebangkitan Nasional Momen Pas Buat Berantas Buta Huruf Fungsional 

Selain itu, ketika mendapat suatu berita hoax, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan tidak menyebarkan kabar berita tersebut.

Alih-alih menyebarkan kabar yang sama, kamu bisa menyebarkan kabar yang mengatakan bahwa berita sebelumnya hoax dan tidak benar.

Sabigaju.com mengajak setiap warga untuk menjaga kedamaian Jakarta. Karena dengan kedamaian seluruh warga Ibukota bisa beraktivitas seperti biasa.

Mari jaga kedamaian di Kota Jakarta ini melalui status dan kegiatan menginspirasi di media sosial. (Sbg/Rig)

Comments