Sabigaju.com – Hingga saat ini pandemi Covid-19 belum juga mereda. Kita pun dianjurkan agar senantiasa menjaga diri tetap sehat dengan memperhatikan sistem imun tubuh atau daya tahan tubuh.

Berdasarkan data di situs web corona.jakarta.go.id, jumlah pasien positif Covid-19 di DKI Jakarta per Minggu (9/8/2020) adalah 25.714 orang. Dari total kasus positif itu, 16.268 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 939 orang dilaporkan meninggal dunia.

Menjaga sistem imun tubuh bisa dilakukan dengn rutin mengonsumsi makanan sehat. Kalau kamu sering makan sembarangan, sistem imunitas tubuh bisa terganggu.

Berikut beberapa kebiasaan menyatap jenis makanan dan minuman yang bisa melemahkan sistem imun tubuh.

BACA JUGA: Makan Siang Terbaik untuk Bakar Perut Buncit 

1. Konsumsi Kuliner Garam Berlebih

Garam terkandung hampir di setiap makanan gurih yang kita konsumsi, terutama makanan cepat saji yang terkenal nikmat. Kelebihan garam atau sodium dalam tubuh bisa memicu masalah seperti retensi cairan dan tekanan darah tinggi.

Snack Asin
(Foto: Freepik.com)

Menurut hasil penelitian dari University Hospital of Bonn, terlalu banyak asupan garam bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Peneliti menemukan ketika ginjal mengeluarkan kelebihan sodium, efek domino terjadi pada tubuh sehingga mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri.

asupan garam harian, disarankan tak lebih dari 2.300 mg per hari bagi orang dewasa. Kurangi deh makanan yang tinggi garam saat makan siang ataaupun makan malam yah gaes. Dengan begitu sistem imun tubuh terjaga.

2. Kuliner Gula Berlebih

Selain garam, makanan yang mengandung kadar gula terlalu banyak juga harus kamu jauhi agar sistem imun tubuh terjaga. Mengurangi asupan gula membawa banyak dampak positif bagi tubuh termasuk membuat kesehatan mental seseorang lebih baik.

Kuliner serba manis bisa melemahkan sistem imun tubuh
(Foto: Freepik.com)

Dalam kaitannya dengan daya tahan tubuh, studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan manusia yang diberi makan 100 gram gula setelah semalaman berpuasa, sel kekebalannya mengalami penurunan kemampuan untuk menelan bakteri. Efek terbesarnya terlihat antara satu sampai dua jam setelahnya, tetapi bertahan hingga lima jam.

Hyperbiotics menyatakan gula akan memperebutkan ruang dengan vitamin C di dalam tubuh. Semakin banyak gula, semakin sedikit vitamin C, sehingga bikin sistem imun tubuh menurun.

BACA JUGA: Makan Siang Sehat Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

3. Terlalu Banyak Kopi dan Teh

Banyak orang tak bisa melewatkan minum kopi atau teh setiap hari. Kebiasaan ini ibarat dua mata pisau, ada baik dan buruknya. Hal ini terkait kandungan kafein di dalamnya.

Menurut ulasan yang dimuat Copeman Healthcare menyebutkan kandungan kafein di dalam kopi meningkatkan gula darah, sehingga menekan sistem imun.

Kopi
(Foto: Freepik.com)

Kelebihan kafein bisa mengganggu jam tidur, yang pada akhirnya meningkatkan inflamasi dan mengganggu daya tahan tubuh. Untuk solusinya, kurangi kebiasaan minum kopi dan teh yang terlalu banyak.

Pastikan minum kafein terakhir kali 6 jam sebelum waktu tidur agar kualitas tidur kamu nantinya tidak terganggu.

4. Kurang Makan Sayur

Makan buah dan sayur setiap hari sangat dianjurkan, namun untuk fungsi perkuat sistem imun tubuh, utamakan asupan sayuran hijau. Jenis sayuran ini menyediakan beragam nutrisi baik.

Sayuran bisa memperkuat sistem imun tubuh kita

Ada vitamin A, vitamin C, dan folat dalam sayuran hijau. Selain itu terdapat senyawa bioaktif yang menghasilkan sinyal kimia untuk mengoptimalkan daya tahan pada usus, yang merupakan lokasi untuk 70-80 persen sel imun.

Beberapa sayuran hijau yang bisa dikonsumsi adalah brokoli, bok choy, dan kubis. Sayuran hijau ini bisa diolah dengan berbagai cara dan dipadukan banyak makanan sehat lain untuk menambah nilai nutrisinya.

BACA JUGA: Makan Siang Asal Kenyang Terganti Tren Makan Sehat 

5. Fast Food

Konsumsi fast food terlalu sering bisa membahayakan sistem imun tubuh kita, lho gaes.

Menurut hasil penelitian yang dimuat di laman Men’s Journal menyebutkan saat kamu mengonsumsi fast food, secara otomatis akan menekan sensor genetik peradangan.

terlalu banyak makan Junk Food bisa melemahkan sistem imun tubuh
(Foto: Unsplash)

Nantinya, bikin sistem imun siap siaga sepanjang waktu, berujung pada meningkatnya risiko terkena penyakit.

Konsumsi makanan sehat bakal bikin sistem imun tubuh terjaga  ini penting gaes ketimbang sekedar bikin kenyang ataupun enak semata. (Sbg/Rig)

Comments