ilustrasi : pixabay

Sabigaju.com – Kebanyakan dari kita, secara naluriah pasti ingin berkembang menjadi figur atau sosok yang berhasil dan sukses. Seperti halnya seorang pahlawan yang memberikan inspirasi melalui pemikiran dan perbuatan, kamu juga bisa menjadi pahlawan untuk masa depanmu, sob.

Menjadi Pahlawan untuk Masa Depanmu

Lepaskan Beban Masa Lalu

Kegagalan dalam hal apapun, akan membekas cukup dalam, hingga meninggalkan trauma bagi yang mengalaminya. Padahal tanpa disadari, dengan membiarkan masa lalu terus menguasai pikiranmu, kamu akan sulit untuk melangkah maju, bahkan sejak tahap perencanaan.

Menerima apa yang sudah terjadi, menerima bahwa dirimu pernah gagal, dan memaafkan orang lain atau diri sendiri yang membuat kegagalan itu terjadi, akan meringankan langkahmu untuk maju ke depan. Jadi, mulai tata masa depanmu, dengan mengikhlaskan masa lalu.

Tentukan Tujuan dengan Metode SMART

Metode SMART yaitu Specific, Measureable, Achievable, Realistic, dan Time-bound, banyak digunakan dalam perencanaan masa depan. Metode ini lebih spesifik, dapat dicapai, realistis dan memiliki tenggat waktu dalam pencapaian tujuan.

Tentukan gol jangka pendekmu, beserta cara-cara untuk mencapainya. Beberapa gol jangka pendek itu, akan membawa pada sebuah gol jangka panjang yang juga kamu set secara realistis.

Misalnya, kamu ingin membeli sebuah rumah. Kamu bisa mulai dengan melihat peta karirmu. Dalam jangka waktu tertentu, kamu akan mendapatkan peningkatan penghasilan hingga angka berapa, berapa banyak kamu akan menabung untuk pembelian rumah, dan apa saja yang akan kamu lakukan untuk mencapai peningkatan pendapatan yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kamu bisa menentukan, kapan golmu untuk memiliki rumah bisa terealisasi. Tiga tahun? Lima tahun?

Nah setelah gol sudah diset, lakukan semua strategi untuk mencapai gol tersebut.

Meningkatkan Kemampuan dan Pengetahuan

Semakin hari, segala hal yang ada di dunia ini terus berkembang. Teknologi, ilmu pengetahuan, bisnis, dan lain-lain. Maka, kamu tidak lagi bisa hanya menerapkan konsep learning by doing.

Zaman ini telah menuntut kita menjadi seseorang yang haus akan ilmu. Tentukan minat yang kamu suka, atau kemampuan yang harus kamu tingkatkan, dan mulailah belajar untuk meningkatkan kemampuanmu, mulai dari mengambil kelas maupun belajar secara otodidak.

Sempatkan juga waktumu untuk menambah wawasan dengan membaca atau berdiskusi tentang isu-isu terkini, baik itu yang berkaitan dengan bidang pekerjaanmu, maupun bidang umum.

Dengan bertambahnya ilmu, maka wacanamu juga akan bertambah. Wacana yang luas akan sangat diperlukan untuk pengambilan keputusan, pembuatan strategi, maupun manajemen krisis.

Tentukan Investasi

Jangan biarkan penghasilanmu “numpang lewat” setiap bulannya, sob. Maksimalkan manfaat dari penghasilanmu selain untuk menunjang kehidupan yang layak saat ini, juga membangun investasi masa depan.

Biasakan mulai dari hal kecil, misalnya kamu bertekad tahun depan ingin memiliki kendaraan, maka kamu bisa menyisihkan sebagian penghasilanmu dalam bentuk tabungan rencana berjangka, yang tidak bisa diambil sampai jangka waktu yang sudah ditentukan. Kamu bisa menentukan setoran bulananmu, disesuaikan dengan penghasilan.

Setelah merasakan manfaat dari investasi kecil, dijamin kamu akan “ketagihan” dan ingin meningkatkan nilai dan jenis investasimu deh, sob.

Nah, itu dia beberapa langkah kecil menjadi pahlawan untuk masa depanmu. Dicoba yuk, sob! (Sbg/Ldr)

Comments