Orang Produktif
Menjadi orang produktif adalah pilihan yang baik dan positif bagi banyak orang ketimbang menjadi orang sibuk . (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Kerap kali kita mendengar orang yang melontarkan Kata-kata sibuk lantaran memiliki banyak aktivitas, dalam bidang pekerjaan atau sekolah. Namun, ketika kamu sibuk, apakah tetap menjadi orang produktif?

Yang jelas, orang yang sibuk mempunyai perbedaan dengan orang produktif. Bisa dikatakan orang yang sibuk belum tentu produktif. Akan tetapi, orang yang produktif tentunya mempunyai kesibukan.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih tau kamu nih sebenarnya beberapa perbedaan orang produktif dan orang sibuk. Yuk simak penjelasannya.

BACA JUGA

 

1. List Pekerjaan

Orang sibuk sangat jarang membuat list pekerjaan yang akan dia kerjakan. Semua tugas dari atasan akan dia kerjakan secepat mungkin tanpa memikirkan skala prioritas. Hal ini membuatnya seakan diburu waktu agar semua pekerjaannya cepat selesai.

Sementara, orang produktif selalu membuat list pekerjaan sesuai prioritas yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Jika atasannya terlalu banyak memberi tugas, maka dia tak ragu berkonsultasi pada atasan tugas mana yang mendesak. Padahal list pekerjaan sangat membantu pekerjaan karena bisa digunakan sebagai panduan bekerja.

2. Value Kerja

Ciri lain dari orang sibuk adalah mereka cenderung bekerja tanpa goal yang jelas. Prinsipnya adalah segala pekerjaan harus diselesaikan. Sayangnya value pekerjaan mereka sering dilupakan karena terlalu berfokus pada banyaknya pekerjaan.

Sementara orang produktif, mereka seakan memiliki rambu dalam bekerja agar goal-nya tercapai. Orang produktif juga lebih suka mengerjakan sesuatu yang memiliki value di kemudian hari daripada hanya sekadar menyibukkan diri dengan rutinitas.

3. Misi vs Misi

Orang sibuk cenderung tidak memiliki tujuan. Meeka umumnya mengambil banyak langkah agar mendapatkan hal yang terbaik bagi dirinya.

Sementara orang produktif berbeda. Ia akan mengambil langkah yang jelas dengan tujuan yang dicapainya nanti. Dengan begitu, semua keputusan dan langkahnya lebih terukur.

4. Pertimbangan

Setuju tanpa pertimbangan menjadi ciri yang dimiliki orang yang suka dengan banyak kesibukan. Ia cenderung menerima tawaran dengan mudah tanpa berpikir mampu atau tidak. Orang sibuk kebanyakan multitasking, bisa mengerjakan berbagai jenis pekerjaan dalam satu waktu.

Sementara orang yang produktif cenderung menerima tawaran dengan banyak pertimbangan. Karena itu, ia akan memperhitungkan terlebih dahulu kemudian menyesuaikan dengan kemampuan yang dimilikinya.

5. Beda Hasil

Lantaran orang sibuk suka melakukan banyak hal, kerap kali hasil ataupun kualitas penyelesaiannya setengah-setengah. Berbeda dengan orang produktif yang melakukan satu hal dan fokus pada hal tersebut hingga selesai.

Contohnya, orang produktif akan mengikuti kelas marketing online dengan target akan meningkatkan pemasaran dalam kurun waktu ke depan. Sementara orang sibuk akan mengikuti banyak kelas semisal menulis, seni dan banyak lagi tanpa ada tujuan yang jelas.

Nah itu tadi beberapa hal yang membuat perbedaan antara orang produktif dengan Orang sibuk.  Semoga  informasi ini berguna buat kamu yang ingin menjadi orang-orang yang  produktif. (Sbg/Rig)

Comments