Hobi musik mendatangkan cuan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com -Sebagian orang tentu berpikir akan memiliki hobi untuk kesenangan dan kepuasan semata. Padahal, hobi dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mendatangkan cuan.

Kalau kamu pintar mendapatkan dan memanfaatkan peluang, hobi bermusik bukan tidak mungkin lho  mendatangkan cuan.

Bayangkanlah jika hobi bermusikmu ternyata sejalan dengan pekerjaanmu, tentu saja itu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan?

Tapi, bukan tanpa syarat! Untuk mendatangkan cuan, kamu harus  menekuninya secara rutin dan terus-menerus.

Berikut ini  sederet hal yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan cuan lewat hobi bermusik.

BACA JUGA: Pria yang Memiliki Hobi Musik dan Olahraga Lebih Disukai oleh Wanita 

1. Membuka Les Privat Musik dan Vokal

Hobi bermusik bisa mendapatkan cuan  jika  kamu mencoba membuka les musik dan vokal.

Kamu dapat membuka les gitar, drum, bass, keyboard hingga vokal untuk dapat menambah peluang bisnismu. Nggak cum a itu kamu juga bisa menmbuka kursus privat olah vokal atau nyanyi.

Apalagi, saat ini begitu banyak orang yang ingin menjadi penyanyi dan mereka rela mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk mengolah vokal mereka agar dapat bernyanyi dengan merdu

Selain memperdalam hobimu, kamu juga akan mendapatkan pendapatan dari mereka yang mengikuti kursusmu. Bayangkan seperti apa serunya berbagi ilmu dan melihat orang lain memanfaatkan ilmu musikmu dengan baik.

2. Membuka Studio Musik

Bukan hanya membuka bisnis les musik dan vokal, kamu juga dapat membuka studio musik untuk mendatangkan cuan.

Siapa saja tentu dapat datang dan menyewa studio musikmu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan musisi ternama juga akan datang mengunjungi studio musikmu.

Gaes, ada jutaan orang yang punya mimpi ingin puny band terkenal dan dikagumi banyak orang. Ini adalah peluang!

Pasanglah tarif tertentu yang sudah disesuaikan dengan kualitas alat musikmu. Ketika studio musikmu sedang sepi, kamu dapat memanfaatkan studio musikmu untuk meningkatkan kualitas hobi bermusikmu.

BACA JUGA: Segudang Manfaat yang Bikin Cowok Kekinian Gemar Hobi Menembak

3. Additional musician

Bila kamu punya keahlian bermain musik yang mumpuni, kamu bisa menjajal peran sebagai additional musician atau player tambahan dalam sebuah band sebagai upaya mendatangkan cuan.

Jadi musikus additional lebih enteng tanggung jawabnya ketimbang jadi anggota tetap. Sebab, gak perlu ikut bikin lagu atau memikirkan album rekaman.

Yang penting menguasai lagu dan bisa tampil apik dalam setiap rekaman ataupun panggung live.

4. Home Recording

Kalau kamu ingin menjadikan kemampuan bermusikmu mendatangkan cuan tapi cuma punya ruangan kecil dan perlengkapan seadanya, Kamu bisa coba bisa bikin usaha Home recording alias recording rumahan.

Kamu nggak perlu banyak perlengkapan atau ruangan yang luas untuk rekaman. Hanya, pastikan ada laptop dengan program rekaman mumpuni serta perlengkapan penting seperti peredam, recorder, mikrofon, kabel, dan alat musik dasar.

Selain itu lewat usaha ini kamu bisa mendatangkan cuan dengan menawarkan jasa mastering dan mixing lagu, bahkan workshop bagi band dan musikus pemula yang hendak melakukan rekaman perdana.

5. Sound Engineer

Untuk mendatangkan cuan dari hobi bermusik kamu juga bisa menekuni langkah sound engineer.

Namun kamu mesti memahami teknologi sound system serta karakter lagu pemusik yang tampil.

Dan lagi  seorang sound engineer nggak cuma dibutuhkan dalam dunia musik, tapi juga game dan periklanan ataupun film. Sound engineer punya peran besar dalam kesuksesan hal-hal tersebut.

BACA JUGA: Demi Kesehatan Jiwa, Yuk Jalani Hobi Memotret

6.  Jualan Alat Musik

Selain membuka les dan studio musik, kamu juga dapat memanfaatkan hobi bermusik untuk mendatangkan cuan  dengan berjualan alat-alat musik.

Kalau kamu nggak punya tempat, kamu bisa dagang online bro!

Makin banyak barang yang ter-display, maka akan semakin banyak juga peluang mendatangkan orang untuk berbelanja di tokomu. Menyenangkan, bukan?

Tinggal sekarang kamu mau gerak atau ngediemin hobi bermusikmu itu padahal bisa mendatangkan cuan! (Sbg/Vania)

Comments