Stress di Kantor
Ada hal-hal yang harus kamu perhatikan dan pahami yang bisa menjadi tanda kalau kamu mengalami stres di kantor. (Foto: Telegraph)

Sabigaju.com – Sudah bukan rahasia umum lagi, berbagai pekerjaan, lemburan, minimnya fasilitas yang bikin nyaman dan jatah istirahat kerap disebut sebagai pemicu kamu stres di kantor.

Tapi masalah, masih banyak karyawan yang enggak sadar, apakah mereka stres di kantor atau hanya sekadar kelelahan.

Padahal, kelelahan pun bisa jadi cikal bakal seseorang jadi stres dan enggak produktif.

Belum tahu, apakah ini karena saking cintanya mereka pada pekerjaan atau memang saking butuhnya pada uang. Yang jelas Sob, kamu harus paham dulu tanda kamu sebetulnya udah stres di kantor. Check these out!

BACA JUGA:

Jarang Istirahat

Hal yang dapat memicu kamu stres di kantor adalah saat kamu jarang dapat waktu istirahat, even ke kamar mandi sekalipun. Kamu merasa dikejar-kejar deadline.

Jangankan untuk coffee break, tubuh kamu enggak akan rileks, kamu jarang makan siang, dan akhirnya bisa berujung sakit.

Ada baiknya kamu bikin memo untuk mengingatkan diri bahwa kamu butuh istirahat, makan siang dan ke kamar mandi. Pasang memo itu di spot yang gampang terlihat.

BACA JUGA: Tips Hidup yang Harus Diperhatikan oleh Para Cowok Dewasa 

Jadi Pikun

Kamu biasanya akan sering lupa pada banyak hal. Misal seperti di mana kamu menyimpan pulpen?

Siapa nama rekan kerjamu dari divisi keuangan? Atau bahkan kamu lupa hari ini hari apa dan tanggal apa? Ini karena kamu saking sibuknya bekerja.

Obat jadi Snack Favorit

Kamu bakal sering minum obat pasar. Obat-obat ini biasanya berkaitan dengan sakit kepala, maag, masuk angin, pegal-pegal, hingga obat tidur karena jarang dapat kualitas tidur yang baik. Serem banget enggak sih?

BACA JUGA: Tujuh Gangguan Kesehatan yang Kerap Menjadi Momok Para Pria 

Tiba-tiba Suka Tantangan

Kalau biasanya kamu suka liburan ke pantai atau gunung, tiba-tiba kamu lebih suka ke taman bermain yang punya wahana ekstrem. Atau kamu tiba-tiba suka bungee jumping. Bisa jadi nih kamu stres.

Kalau biasanya perempuan lebih suka curhat, kamu bisa jadi lebih suka tantangan semacam ini agar stres kamu bisa tersalurkan.

 Terlalu Fokus Pada Ponsel

Ketika kamu hendak beristirahat, kamu justru lebih fokus pada ponsel kamu. Entah kamu masih balas chat bos kamu, masih fokus pada email kantor, atau bahkan kamu hanya ketakutan karena bos akan menghubungi kamu sewaktu-waktu.

Lebih baik, kamu matikan ponsel ketika hendak tidur. Seharian kamu sudah bekerja, masa waktu istirahat pada malam hari masih kamu pakai juga?

BACA JUGA: Memahami Waktu yang Tepat untuk Kesehatan Otak Pria 

Sering Minum Alkohol

Kalau saat pulang kerja kamu mulai sering ngajak temen minum, waspada deh, kamu mungkin saja  stres di kantor adalah pemicunya.

Ini bisa terjadi ketika kamu pulang kerja atau saat weekend. Kamu akan merasa ingin cepat-cepat weekend datang agar bisa pesta minum bareng temen.

Bercinta Jadi Tak Menyenangkan

Stres di kantor karena pekerjaan bisa mengakibatkan kepercayaan diri kamu menurun. Biasanya, libido kamu juga ikut turun nih. Kegiatan seks kamu akan terasa tak nikmat. Performa kamu di atas ranjang jadi enggak banget deh.

BACA JUGA: Tinggalkan, Sederet Gaya Hidup yang Bisa Menghambat Kesuksesan

Ingin Terlihat Sukses

Kamu biasanya keranjingan kerja  bisa terjadi karena ingin terlihat sukses, di mata keluaga, rekan bahkan bos kamu.

Kamu lupa bahwa ada batas kamu juga harus beri reward pada diri sendiri untuk beristirahat dari rutinitas. Kamu lebih mementingkan citra kerja kamu daripada kesehatan fisik dan mental.

Delapan poin ini sebetulnya cuma secuil dari segudang tanda kamu sedang stres di kantor. Tapi kalau poin-poin ini udah kamu alami, lebih baik kamu buruan beristirahat.

Jangan terlalu sibuk bekerja karena duit bisa dicari tiap hari, hidup cuma sekali. Yega? (Sbg/Dinda)

Comments