Sabigaju.com – Istri Postpartum: Ini yang Harus Dilakukan Oleh Suami.

Melahirkan memang tugas yang secara alami diberikan pada wanita, namun bukan berarti hanya wanita yang harus menanggung hal ini sendirian. Sebagai pasangannya, para pria pun harus turut berperan aktif.

Ada kalanya setelah melahirkan para wanita merasakan fase di mana ia menjadi berbeda karena emosi yang mengganggunya secara psikis. Perasaan-perasaan seperti ini sebenarnya normal terjadi pada wanita, tapi tidak semua memahami kondisi apa yang ia alami pascamelahirkan. Terlebih lagi para suami yang sama sekali tidak merasakan gejala apapun dari gangguan emosi tersebut. Padahal, gangguan emosi itu bisa menggiring wanita pada kondisi postpartum depression (PPD), lho.

Postpartum depression dapat “melumpuhkan” ibu dan pada akhirnya akan berpengaruh pada bayi. Dalam kondisi postpartum depression ibu akan kehilangan banyak fokus untuk merawat bayinya karena sibuk beradaptasi dengan perubahan psikis dan juga tubuhnya. Untuk mencegah hal itu terjadi, peran Anda sebagai suami sangat dibutuhkan di sini.

Anda mungkin tak merasakan beratnya proses persalinan, tapi mendampingi istri pascamelahirkan juga bukan sesuatu yang mudah. Jadi, untuk pasangan yang akan atau sedang berada pada fase postpartum, setidaknya pastikan Anda melakukan hal ini untuk istri Anda:

Istri Postpartum: Ini yang Harus Dilakukan Oleh Suami

1. Tunjukkan kalau Anda siap mendampingi

Yakinkan istri kalau dia tidak melalui masa-masa ini seorang diri. Tidak perlu memaksa atau menceramahinya untuk segera melewatinya, damping saja istri Anda di setiap hal yang ia lalui.

2. Luangkan waktu untuk ngobrol

Minta dia untuk menceritakan apapun yang dirasakan dan dengarkanlah tapi menghakimi. Cobalah untuk mengerti walau Anda tidak merasakannya secara langsung, dan jangan menyepelekan apa yang dikatakan istri Anda mengenai kekalutannya perasaannya.

3. Bantu mengurus rumah

Ambil alih hal-hal yang biasa dilakukan istri untuk Anda sebelum ia memintanya. Dalam fase postpartum, mengurus diri adalah hal terakhir yang akan dia lakukan, so, jangan lupa juga bantu dia untuk mengurus dirinya. Misal, dengan memastikan ia makan makanan  mengandung nutrisi yang diperlukan dia dan si bayi. Dengan membantu mengurus rumah, istri Anda juga bisa mendapat waktu tidur lebih banyak.

4. Bantu merawat bayi

Jangan anggap merawat bayi hanya tugas sang ibu. Anda juga harus belajar untuk mengganti popok, memandikan, menggendong, menidurkan, atau sekadar menemani sang bayi saat istri Anda sedang melakukan hal lain.

Dengan melakukan hal sederhana di atas disertai kehadiran Anda yang cukup intens, akan sangat membantu istri secara fisik, terutama psikis. (Sbg/Ftr)

Comments