Isra Miraj
Hari ini Rabu 93/4) seluruh umat Muslim di dunia memperingati Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW yang dalam kalender Hijriyah diperingati setiap tanggal 27 Rajab.(Foto: Instagram

Sabigaju.com – Hari ini Rabu 93/4) seluruh umat Muslim di dunia memperingati Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW yang dalam kalender Hijriyah diperingati setiap tanggal 27 Rajab.

Tentu di era serba kekinian, hari besar  Isra Miraj dalam agama Islam harus dijadikan sebagai momentum bagi umat muslim untuk memperkuat keimanannya dan menjadikan perilaku Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan.

Dalam kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW saat peristiwa Isra Mi’raj, bertujuan untuk menguji seberapa besar keimanan seseorang.

Karena itu peringatan hari besar keagamaan seperti Isra Mi’raj ini jangan berhenti sebagai ritual simbolis

BACA JUGA: Menengok Upaya Arab Saudi Membumikan Islam Moderat

Tiga Hal Penting dalam Peringatan Isra Miraj

Peristiwa Isra Miraj merupakan kisah Nabi Muhammad SAW yang diperjalankan dalam satu malam dari Masjidil Haram menuju ke Masjidil Aqsa.

Pada peristiwa Isra Mi’raj ini, Nabi Muhammad SAW juga mendapat perintah shalat lima waktu yang hingga saat ini diamalkan oleh seluruh umat muslim dunia.

Selain itu Isra Miraj adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW dengan perjalanan beliau dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha.

Dalam sejarah, Itu adalah perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa, dan kembali menuju bumi dengan selamat.

Jika hal ini telah terjadi di zaman Nabi, 1400 tahun yang lalu, hal tersebut memberikan pelajaran bagi umat Islam agar mandiri, belajar, bangkit dan meningkatkan kemampuan, tidak hanya dalam masalah agama, sosial, politik, dan ekonomi, namun juga harus melek terhadap sains dan teknologi.

Perjalanan menuju ke luar angkasa adalah sains dan teknologi tingkat tinggi yang menjadi salah satu tolok ukur kemajuan sebuah umat dan bangsa.

BACA JUGA: Wow, Sejumlah Masjid Mulai Terima Zakat dengan Bitcoin 

Perduli Masjidil Aqsha

Dalam perjalanan Isra Miraj, ada penyebutan dua masjid umat Islam, yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha. Hal tersebut memberikan pelajaran bagi kita bahwa Masjidil Aqsha adalah bagian dari tempat suci umat Islam.

Wajib bagi tiap muslim sesuai dengan kemampuan masing-masing untuk selalu berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan dan keselamatan Masjidil Aqhsa Palestina.

Membela Masjidil Aqsha dan sekelilingnya sama saja dengan membela agama Islam. Baik dengan diplomasi politik, bantuan sandang pangan, maupun dengan harta.

Semoga kita selalu menjadi umat yang selalu dapat mengambil hikmah dan dari peristiwa Isra Miraj ini dan mengamalkannya dengan sebaik-baiknya.

Trending Topik Di Twitter

Deretan ucapan selamat untuk memperingati Isra Miraj yang jatuh pada 27 Rajab atau Rabu (3/4/2019) bisa dibagikan netizen di facebook, instagram, twitter, atau pesan whatsapp.

Tagar Isra Miraj menduduki posisi teratas di jagat Twitter Indonesis siang ini. Pantauan Sabigaju Tagar tersebut sudah di tweet lebih dari 7 ribu lebih oleh netizen hingga siang ini. (Sbg/Rig)

Comments