Bersyukur bisa jadi cara untuk mengusir kecemburuan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Ajang pamer yang kerap menghiasi kehidupan di media sosial sepertinya berubah semenjak pandemi virus corona.

Kini jarang sekali kita jumpai orang yang memamerkan benda mahal yang di belinya ataupun kegiatan mahal yang dilakukannya bersama orang tercinta.

Yup, belakangan ini netizen malah rajin mengunggah foto, video atau sekadar cerita-cerita singkat yang isinya tentang pelbagai kegiatan dan aktivitas  saat menerapkan anjuran stay at home di rumah.

Misalnya saat melakukan membersikan rumah, bermain bersama anggota keluarga di rumah ataupun saat melakukan video call untuk sekedar urusan pekerjaan kantor. Yup, Hal-hal ini secara tak langsung menampilkan kondisi rumah atau ruangan para pemiliknya.

Namun demikian, tak sedikit orang yang malah merasa tertekan ataupun di hinggapi kecemburuan oleh foto ataupun video yang menampilkan pemandangan indah rumah pemiliknya.

BACA JUGA: Membaca Al Quran di Bulan Ramadhan Itu Penting Gaes!

Penyebab  Kecemburuan

Menurut psikolog klinis Roberta Babb, Tahun 2020 ini bisa dibilang menjadi tahun kecemburuan. Masalah justru datang gara-gara orang enggan mengakui dan menerima rasa cemburu tersebut

“Kita sudah berpikir bahwa cemburu itu tak normal dan satu hal yang memalukan untuk dialami. Konsekuensinya, rasa cemburu sering ditolak baik di depan publik maupun pribadi,” kata Babb.

Padahal, lanjut dia, rasa cemburu itu normal khususnya di masa seperti ini. Namun rasa cemburu bisa mengakibatkan keinginan untuk membandingkan kondisi sendiri dibanding orang lain sehingga ada perasaan ‘kurang’ atau pertanyaan ‘bagaimana bisa’.

BACA JUGA: Gaya Hidup Sehat Rasulullah Tetap Relevan Hingga Saat Ini 

Fokus  Pada Diri Sendiri

Agar tidak dihantui kecemburuan, baiknya kamu tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. kecemburuan bisa muncul saat kamu melihat diri  dalam hubungannya dengan orang lain.

Mungkin saat ini kamu menerapkan anjuran stay at home di kos atau kontrakan yang tak seindah karantina di rumah yang cukup luas dan bersama keluarga. Kalau tak pandai mengelola, rasa cemburu bisa saja datang dan berubah jadi tekanan yang  melelahkan.

Bukankah dengan  fokus pada diri sendiri dan bersyukur atas apa yang kamu miliki, mau itu besar atau kecil. lebih baik?

Dengan begitu kamu bisa membangun mentalitas sehat untuk menilai sesuatu secara berbeda dan merasa cukup dengan serba kekurangan.

mengusir kecemburuan dengan cara ini bakal mendatangkan pikiran positif.  Kamu akan merasa lebih bahagia, dan lebih percaya diri. Percaya deh! (Sbg/Rig)

Comments