Jack Ma
Pendiri Alibaba Group, Jack Ma kembali menegaskan bahwa dirinya akan fokus dalam bidang pendidikan dan filantropi pasca mengundurkan diri dari jabatannya di Alibaba. (Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Pendiri Alibaba Group, Jack Ma kembali membuat banyak orang terhenyak setelah pada tanggal 31 Oktober 2018 ini, dia kembali mengirimkan surat terakhir kepada jajaran dewan direksi Alibaba.

Posisi Jack Ma sebagai Chairman di Alibaba Group akan digantikan oleh Daniel Zhang (kini menjabat sebagai CEO), pada tahun 2019 mendatang.

Selanjutnya, Ma hanya akan menjadi pemegang saham di perusahaan yang didirikannya dan fokus ke bidang pendidikan dan filantropi.

Baca Juga:

Ucapan Terima Kasih Jack Ma

Jack Ma mengawali suratnya dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemegang saham.

Hal itu tak lepas  atas kepercayaan yang diberikan mereka terhadap dirinya dan Alibaba sejak penawaran perdana empat tahun silam.

Ke depan, Jack ma selaku pendiri perusahaan menulis bahwa dirinya siap untuk berdiskusi tentang perusahaan yang didirikannya kapan pun di masa depan.

Selain itu dalam suratnya, Jack Ma memastikan perusahaan yang akan tetap berkomitmen untuk pertumbuhan yang berkelanjutan  dan memudahkan setiap orang berbisnis di mana pun, tulis pria kelahiran Hangzhou itu dalam suratnya.

Soal Ekonomi Global

Dalam suratnya, Ma sempat menyinggung, ekonomi global yang sempat berada dalam kondisi kacau dalam beberapa waktu lalu. Hal itu ditandai mulai dari ketidakpastian tentang hubungan dagang, tren konsumen, pasar modal, dan industri manufaktur.

Belum lagi ketegangan hubungan dagang Amerika – China yang meningkatkan risiko ketidakstabilan. Ini ketiga kalinya dalam sejarah.

“Alibaba selama 19 tahun terakhir telah menghadapi langkah mundur di perekonomian global. Namun pengalaman telah mengajarkan kami bahwa ada berbagai kesempatan besar di balik kegelisahan dan friksi yang ada,” tutur Jack Ma.

Jack Ma menilai model bisnis konvensional dan kerangka regulasi untuk perdagangan global yang kini berlaku tengah mengalami tantangan-tantangan besar. Namun, hal ini merupakan kesempatan tepat bagi pihaknya untuk menjadikan globalisasi sebagai prioritas.

Menurut Ma, Alibaba telah menghabiskan tiga tahun terakhir untuk mengembangkan sistem perdagangan yang melayani usaha-usaha kecil dan menengah serta konsumen di seluruh dunia.

Harapan Buat Alibaba di Masa Depan

Di akhir suratnya, Ma mengucapkan terima kasih ke para pemegang saham. Dia juga memastikan Alibaba terus berinvestasi untuk masa depan dan tidak akan berhenti memanfaatkan kesempatan yang ada.

“Kami percaya bahwa jika kami berinovasi untuk memecahkan masalah dan menciptakan nilai riil dalam prosesnya, maka profitabilitas pasar tidak akan jauh dari kami,” tegas Ma.

“Tahun depan, saat saya menyerahkan tanggung jawab eksekutif saya, status saya akan menjadi pemegang saham Alibaba seperti halnya Anda semua, Sebut Ma.

“Dengan antisipasi, rasa ingin tahu dan bangga, saya sangat menantikan bisa bergabung dengan Anda dan memasuki tahapan lanjut perjalanan kita,”  tutup pendiri Alibaba itu dalam suratnya. (Sbg/Rig)

Comments