Sabigaju.com – Tren pariwisata dunia diprediksi akan berubah usai pandemi Covid-19 nanti. Kini makin banyak negara di dunia yang mulai serius menggarap inovasi wisata berkelanjutan.

Terlebih dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, ada berbagai opsi pengalaman liburan yang inovatif dan berkelanjutan.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata yang inovatif dan berkelanjutan dari berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA: Seychelles, Pesona Khatulistiwa di Timur Afrika 

1. Hatta, Dubai

Dubai juga kin itengah mengembangkan inovasi wisata berkelanjutan dengan mengembangkan wilayah Hatta dengan membangun lodges untuk wisatawan yang menghadap gunung dengan pemandangan yang indah.

Lodges tersebut dibangun dengan material terpilih yang bisa menyatu dengan lingkungan alam di sekitarnya tanpa merusak atau berdampak pada masyarakat dan ekosistem yang ada.

(Foto: Instagram.com/visit.hatta)

Para pengunjung juga akanmemiliki kesempatan untuk berkemah di tempat yang unik, dengan konsep hotel trailers dengan suasana yang tenang dan memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk bersantai.

Konsep ini memungkinkan Anda untuk berkemah di tengah-tengah pegunungan yang indah di tepian bendungan Hatta yang menawan.

2. Copenhill, Denmark

Negara lain yang juga kini tengah giat mengembangkan inovasi wisata berkelanjutan adalah Denmark.

Belum lama ini Denmark membuka  lereng ski buatan ini berada di atas Amager Bakke, yakni pusat pembangkit listrik tenaga sampah yang bertujuan untuk menjadikan kota Kopenhagen sebagai kota netral karbon pertama di dunia.

(Foto: Instagrm.com/copenhilldk)

Nah serunya nih Wahana panjat dinding tertinggi di dunia setinggi 280 kaki (85 m). Wahana ini menyatu secara alami dengan desain gedung dan makin estetik dengan paduan tanaman di sana.

(Foto: Instagrm.com/copenhilldk)

Wahana ini sengaja dibuat mirip dengan jalur panjat tebing di gunung yang sebenarnya. Tapi bila kamu ingin menjajal Wahana panjat dinding ini  kamu harus berpengalaman dan bersertifikat.

BACA JUGA: Tanzania, Permata Afrika yang Menakjubkan Dunia

3. Byron Bay Solar Train, Australia

Australia juga mulai menerapkan inovasi wisata berkelanjutan dengan  menciptkan  wahana Byron Bay Train yakni layanan kereta penumpang ramah lingkungan.

Kereta antik ini telah dibangun sejak tahun 1949 yang telah direnovasi dan diubah menjadi tenaga surya. Tiap susunan panel surya ini menghasilkan tenaga surya sebanyak 6,6 kilowatt.

(Foto: Instagram.com/edenprojectcornwall)

Kereta yang ramah lingkungan ini memiliki dua gerbong dan dilengkapi dengan panel surya fleksibel di bagian atap kereta.

Rel kereta yang dijadikan jalur kereta ini memiliki panjang sekitar 3 kilometer. Kereta ini menyediakan 100 tempat duduk dan ruangan khusus untuk penumpang yang berdiri.

Kereta ini dapat menempuh perjalanan sebanyak 12 sampai 15 kali dalam satu kali proses pengisian baterai.

4. Eden Project, Inggris Raya

Inggris  kini mulai aktif melakukan inovasi wisata berkelanjutan  mereka membangun

Eden Project menawarkan taman, tempat bermain dan hutan besar dalam ruangan berupa biome raksasa yan berlokasi di kawasan Cornwall

(Foto: Instagram.com/edenprojectcornwall)

Tempat ini juga sekaligus tempat liburan yang menyenangkan bagi anak-anak karena terdapat zipline terpanjang di Inggris dan jembatan kanopi di sela-sela rimbunnya pohon.

Anak-anak juga bisa menikmati edukasi tentang alam, seperti proses penyerbukan dan mengenal tanaman tropis.

5. Azurmendi, Spanyol

Restoran ini termasuk menerapkan inovasi wisata berkelanjutan. Bangunannya berada di atas bukit dan memanfaatkan energi matahari dan panas bumi.

Bangunan restoran ini menggunakan panel surya dan sistem enegi geotermal untuk menjaga restoran tersebut tetap hangat di saat musim dingin dan sejuk di musim panas.

(Foto: facebook.com/AzurmendiEnekoAtxa)

Menu-menunya diolah dari bahan-bahan alami yang ditanam di kebun rumah kaca di luar area bangunan restoran.

Asparagus kering, udang, hingga jus sayuran merupakan beberapa menu yang ditawarkan oleh restoran ini.

BACA JUGA: Yuk, Main Sama Singa Plus Nikmatin Vitamin Sea di Mauritius

6. Wunderland Kalkar, Jerman

Taman rekreasi ini didirikan di lahan bekas reaktor nuklir tua yang tidak pernah difungsikan dan ditinggalkan begitu saja.

Wunderland Kalkar yang dulunya bernama Kernies Family mulai dibuka untuk umum pada tahun 2001. Sejak awal dibuka hingga sekarang, taman rekreasi ini menjadi salah satu destinasi favorit di Jerman.

(Foto: Instagram.com/dealstracker.travel)

Totalnya ada 40 wahana di Wunderland Kalkar. Daya tarik utamanya adalah Vertical Swing, yaitu semacam ayunan raksasa yang dibuat di bekas menara pendingin dengan ketinggian 58 meter.

Di dalam Wunderland Kalkar juga ada museum, balai pertemuan, lapangan tenis, pusat kebugaran, mini golf, area voli pantai dan sirkuit gokart.

Nah semoga   apa yang diperbuat berbagai negara tadi di perhatikan para pelaku industri wisata di tanah air agar segera melakukan inovasi wisata berkelanjutan. (Sbg/Rig)

Comments