Batas waktu registrasi kartu prabayar pun bakal berakhir sebentar lagi yakni pada tanggal 28 Februari 2018.  (Foto: Pixabay)
Batas waktu registrasi kartu prabayar bakal berakhir sebentar lagi yakni pada tanggal 28 Februari 2018.  (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Batas waktu registrasi kartu prabayar bakal berakhir sebentar lagi yakni pada tanggal 28 Februari 2018.  Hari ini di Jagat Twitter, warganet pun ramai mengingatkan akan program yang digadang-gadang oleh Kementerian Kominfo.

Bahkan saking ramainya perbincangan dan ajakan  dari  warganet  lewat topik yang disertakan tagar #RegistrasiAman  teresebut hingga menjadi trending topic di jagat twitter Indonesia.

Trending Registrasi Aman

Masyarakat tidak perlu khawatir akan keamanan data pribadinya disalahgunakan, karena operator terikat peraturan pemerintah yang ketat, dan semua operator harus memiliki ISO 27001 untuk menjaga keamanan data pelanggan

Solusi yang ditawarkan Kominfo untuk menghindari penyalahgunaan NIK dan KK tersebut, pengguna harus proaktif mengecek sendiri nomor mana saja yang sudah diregistrasi melalui fitur ‘Cek Nomor”.

Waktu Tepat untuk Registrasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika terus mengimbau masyarakat pengguna layanan seluler untuk registrasi kartu prabayar mereka. Kominfo menyarankan masyarakat untuk registrasi pada masa-masa yang aman dan trafik registrasi tidak padat.

Nah makanya nih registrasi segera dilakukan, jangan menunggu masa akhir waktu registrasi pada 28 Februari 2018. Soalnya diperkirakan pada masa akhir itu, trafik registrasi bakal sangat padat dan pengguna berpotensi gagal registrasi.

Itu sebabnya pengguna kartu prabayar agar jeli memanfaatkan waktu registrasi yang tidak padat, bisa dilakukan pada awal hari atau saat masyarakat kebanyakan masih atau sudah beristirahat. Ataupun misalnya saat subuh, dimana memang trafik tidak padat.

Menkominfo Rudiantara mengatakan registrasi kartu prabayar merupakan wujud dari hadirnya negara untuk melindungi masyarakat dari penyalahgunaan nomor telekomunikasi.

Cara Registrasi

Registrasi ulang terverifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK), tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 21 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Pendaftaran kartu prabayar seluler ini diwajibkan kepada pelanggan seluler prabayar, baik yang baru maupun lama. Program ini dimulai pada 31 Oktober 2017 dan registrasi kartu akan berakhir pada 28 Februari 2018. Setelahnya dilakukan pemblokiran secara bertahap.

Pelanggan kartu SIM tinggal memasukkan NIK dan nomor KK saat hendak registrasi ulang.

Untuk pelanggan baru, format registrasi melalui SMS ke nomor 4444 bisa dilakukan sebagai berikut:

Operator    Cara Registrasi
Indosat    NIK#NomorKK#
Smartfren    NIK#NomorKK#
Tri    NIK#NomorKK#
XL    DaftarNIK#NomorKK#
Telkomsel    RegNIK#NomorKK#

Sementara itu, format registrasi ulang nomor lama via SMS ke 4444 terdiri atas:

Operator    Cara Registrasi
Indosat    ULANG#NIK#NomorKK#
Smartfren    ULANG#NIK#NomorKK#
Tri    ULANG#NIK#NomorKK#
XL    ULANG#NIK#NomorKK#
Telkomsel    ULANG#NIK#NomorKK#

Registrasi kartu prabayar seluler ini diwajibkan kepada pelanggan seluler prabayar, baik yang baru maupun lama. Program ini dimulai pada 31 Oktober 2017 dan registrasi kartu akan berakhir pada 28 Februari 2018. Setelahnya dilakukan pemblokiran secara bertahap. (Sbg/Rig)

Comments