Di kantor bukan hanya kerja, tapi kamu juga harus mengetahui pertanda kalau energi dan tenaga kamu terlalu dimanfaatkan oleh perusahaanmu atau tidak, Sob. (Foto: Nick MacMillan/Unsplash)

Sabigaju.com – Tempat kerja emang adalah tempat di mana semua orang harus saling menguntungkan. Itu sebabnya, team-work kamu biasanya akan dinilai sebelum mulai bekerja di suatu perusahaan. Tapi, kamu juga harus paham bahwa simbiosis ini enggak hanya merugikan kamu seorang.

Jika merugikan, maka bisa jadi kamu hanya dimanfaatkan tim di tempat kerja. Engga bisa dong, kamu bekerja sendiri sedang orang lain justru cuma manfaatin kebisaanmu.

Nah, Sabigaju bakal bahas nih, apa aja sih tanda kamu dimanfaatin di tempat kerja? Simak ulasannya berikut ini, Sob!

BACA JUGA: Bekerja dari Rumah dan Dampaknya pada Kesehatan Mental

1. Enggak ada yang mau nolong

(Foto: Jacqueline Day/Unsplash)

Emang sih, semua pekerjaan harus sesuai dengan job desk-nya masing-masing. Tapi kamu bisa bayangin, pekerjaan numpuk buat kamu seorang diri sedang yang lain malah tenang-tenang aja. Semua pekerjaan dibebankan ke kamu tanpa mereka bantu. Apalagi kalau kamu justru mengerjakan pekerjaan yang bukan tugasmu. Kesel ya?

2. Enggak ada yang bilang terima kasih

(Foto: Office Dynamics)

Simpel, tapi hal ini penting. Jangan mentang-mentang ini soal saling menguntungkan lantas etika kesopanan dilupakan. Ucapan terima kasih menyiratkan bahwa kamu telah melakukan hal baik. Satu kata ini juga bisa membesarkan hati seseorang.

3. Unwell-paid

(Foto: personneltoday.com)

Kalau kamu mengerjakan banyak tugas tapi bayaran yang kamu dapat enggak seberapa, artinya kamu cuma dimanfaatkan si Bos. Bagaimana pun, jasa seseorang harus dihargai. Uang adalah salah satu penghargaan untuk mereka.

BACA JUGA: Jangan Kuno, Wawancara Kerja Enggak Selalu Harus Pakai Jas atau Kemeja!

4. Kebanyakan mengerjakan tugas yang bukan tugasmu

(Foto: SA Business Index)

Ini udah sedikit diulas di poin satu. Kalau kamu sering banget mengerjakan tugas yang sebetulnya itu bukan tugasmu, maka jelas kamu sedang dimanfaatkan rekan-rekan kerja.

Bekerja emang harus dilakukan dengan senang hati. Tapi jangan sampai kebaikan dan ketekunan kamu disalahgunakan oleh rekan kerja lainnya. Jadi mulailah tegas dari sekarang ya, Sob! (Sbg/Dinda)

Comments