Sabigaju.com – Dalam tulisan bagian kedua ini Sabigaju  kembali mau kasih info sederet girlband Indonesia dari masa ke masa. Siapa saja mereka berikut ulasannya.

5. Girlband RSD (Rida Sita Dewi)

Nama girlband ini diambil dari nama masing-masing member yaitu Rida Farida, Sita Nursanti, dan Dewi Lestari Simangunsong.

Bisa dikatakan RSD adalah salah satu girlband Indonesia paling sukses pada eranya. Mereka berhasil berkiprah bersama selama kurang lebih sembilan tahun sebelum akhirnya berpisah.

6. Bening

Bening mungkin hanya menghasilkan satu album, namun kehadiran mereka di belantika musik Indonesia meninggalkan kenangan mendalam. Girlband yang beranggotakan Vonny Cornelia, Dita, Vera, dan Dewi ini sempat jadi idola pada masanya.

Lagu-lagu yang mereka dendangkan juga membekas banget di memori. Misalnya saja Ada Cinta dan Jumpa Pertama.

7. Moluccas

Kali ini adalah Moluccas yang bakatnya ditemukan oleh Tantowi Yahya. Moluccas adalah Pita Loppies, Audrey Papilaya, dan Naomi Risamasu. Namun, Audrey memutuskan keluar tahun 2001 dan bergabung dengan band acid-jazz, Bunglon menggantikan vokalis sebelumnya, Fadia.

Posisi Audrey lalu digantikan Maria D Silva. Moluccas menghasilkan 2 album See (2001) dan Us2U (2006).

7. AB Three

Girlband ini terdiri dari Widi, Nola dan Lusy. Album perdana mereka “Cintailah Aku” yang dirilis tahun 1995 disambut baik telinga penikmat musik Indonesia.

Selain populer dengan albumnya, AB Three juga populer dalam ajang lomba tingkat Internasional. Mereka kerap membawa harum nama bangsa dalam Festival menyanyi yang diselenggarakan mulai dari Rumania hingga Finlandia.

BACA JUGA: Inilah Girlband Indonesia yang Menghiasi dari Masa ke Masa (1)

Belakangan Lusy secara mengejutkan mundur dari AB Three dan mencoba peruntungan dengan bersolo karir. Posisi lusy digantikan oleh Chynthia Lamusu. Tahun 2009 AB Three berubah nama menjadi Be3 dengan personil tetap Nola, Widi dan Chynthia.

8. 3 Diva

Tiga Diva adalah trio vokal yang terdiri dari penyanyi Titi DJ,Krisdayanti (KD), dan Ruth Sahanaya. Mereka mulai bergabung dalam 3 Diva awal tahun 2006.

Tak usah diragukan lagi, ketiga wanita cantik ini memiliki pecahan suara yang sangat bagus. Sederet penghargaan pun pernah diraih oleh 3 Diva. Salah satunya AMI Award untuk Karya Produksi Kolaborasi Terbaik.

9. Dewi-Dewi

Di tahun 2007, Musisi Ahmad Dhani membuat audisi untuk mencari Dewi Dewi bagi Dewa 19. Dewi yang terpilih adalah Tata, Puri dan Ina. Mereka punya karakter vokal yang berbeda. Rock, pop, dan jazz.

Dewi Dewi pecah kongsi pada akhir 2008 setelah sebelumnya Ina mengundurkan diri. Namanya kemudian berubah menjadi Mahadewi.

10. Girlband format Duo

Selain itu ada juga girl band yang konsepnya duo seperti Ratu. Ratu adalah sebuah band duo Indonesia yang dibentuk pada tahun 1999. Grup ini beranggotakan Maia Ahmad sebagai pemusik dan Pinkan Mambo sebagai penyanyi, yang posisinya kemudian digantikan oleh Mulan Kwok.

Ratu merupakan grup wanita tersukses dan terlaris di Indonesia dalam dekade 2000-an. Selain menghasilkan karya musik, mereka juga dikenal akan gaya busana dan penampilan yang atraktif, serta pemberitaan yang luas di media

Selain Ratu adapula T2, sebuah grup yang dibentuk pada tahun 2007. Personelnya adalah Kartika Yudia Ramlan alias Tika dan Prastiwi Dwiarti atau Tiwi yang merupakan jebolan Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 2005.

Belantika musik Indonesia diramaikan dengan kehadiran girlbandyang mayoritas beranggotakan gadis remaja. Sebut saja 7 Icons, CherryBelle, G String, maskara dan masih banyak lagi.

Sayangnya kehadiran girlband era kekinian bisa dibilang singkat. Banyak anggota girlband tersebut yang mengundurkan diri hingga membubarkan diri. (Sbg/Rig)

Comments