festival wisata
Ada sejumlah festival wisata yang diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia yang bisa kamu hadiri pada bulan Oktober ini. (Foto: Aranxa Esteve/Unsplash)

Sabigaju.com – Merasa butuh referensi liburan yang unik dan menarik? Kamu merasa bosan dengan rutinitas dan ingin menghadiri festival wisata di beberapa daerah?

Berikut ini adalah daftar festival wisata yang dapat menjadi referensi untukmu selama bulan Oktober.

Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci

Acara tahunan Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci atau yang kini dikenal dengan Festival Kerinci merupakan festival yang digagas oleh Kabupaten Kerinci. Festival ini dilaksanakan selama 3-7 Oktober yang berlokasi di Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Acara ini digelar dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat agar semakin peduli dengan eksistensi Danau Kerinci, baik dalam menjaga kondisinya maupun memperkenalkan salah satu potensi wisata unggulan di Jambi.

Beberapa kegiatan menarik yang digelar pada festival ini adalah pawai budaya, tarian massal, dan bazaar kuliner. Sejumlah lomba juga turut diadakan di festival ini, seperti lomba tari kreasi, lomba mengaji adat Kerinci, lomba berbalas pantun dan lomba sike rebana.

BACA JUGA:

Festival Kerak Telor Jakarta

Acara festival selanjutnya yang dapat kamu masukkan dalam daftar festivalmu adalah Festival Kerak Telor Jakarta. Festival Kerak Telor ini dicetuskan oleh warga Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dan berlangsung pada 5-6 Oktober. Acara ini diselenggarakan untuk melestarikan salah satu kuliner Jakarta yang sudah terkenal yaitu kerak telor.

Festival Kerak Telor berlangsung di sepanjang Perempatan Mampang VII hingga Mampang XVI yang terletak di kawasan Keluarahan Tegal Parang. Ketika menyambangi festival ini, kamu dapat melihat proses pembuatan kerak telor yang diameternya mencapai 1,5 meter.

Jogja Halal Fest

Kamu ingin mencari sesuatu yang unik? Barangkali Jogja Halal Fest ini dapat menjadi referensimu. Festival ini merupakan pameran halal terbesar. Di festival ini, kamu dapat melihat berbagai aspek yang dilatarbelakangi oleh hukum halal seperti bisnis, kuliner halal, agen travel, perbankan, fashion dan properti Syariah.

Bukan hanya itu, kamu juga akan melihat sebuah talkshow di berbagai bidang dengan narasumber yang terpercaya. Sejumlah tokoh agama digadang-gadang akan hadir untuk menyemarakkan festival ini.

Nah, itulah dia beberapa festival yang sayang untuk kamu lewatkan selama bulan Oktober. Bagaimana, Sobat Sabi, sudah siap menyambangi berbagai festival ini? (Sbg/Van)

Comments