Lebih Cerdas
Hasil penelitian menunjukan kalau kaum wanita ternyata lebih cerdas daripada kaum pria. (Foto: Via Mirror.co.uk)

Sabigaju.com – Seringkali kita mendengar atau bahkan melihat sendiri buktinya kalau wanita memiliki tendensi lebih cerdas dari pria. Memang, lumayan banyak juga pria yang juga pintar sekali bahkan, jenius.

Tapi sekali lagi tetap saja, secerdas-cerdasnya kita, lawan jenis akan jauh lebih cerdas daya tangkapnya. Fakta ini, tak disangkal kita menjadi kerap bertanya sendiri. mengapa bisa demikian?

Apakah ada penjelasan ilimiahnya? Dan ternyata ada banget guys! Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Benarkah Berciuman Bibir Bakal Bikin Otak Makin Cerdas?

Latar Penjelasan Ilmiahnya

Jadi berdasarkan studi yang pernah dilakukan oleh Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS), pada dasarnya otak manusia akan terus mengalami penyusutan seiring berjalannya usia.

Karenanya, tidak heran apabila pria atau wanita di usia senjanya kerap mengalami kepikunan. Nah berdasarkan penelitian ini, otak pria secara alami mengalmi penyusutan yang jauh lebih cepat daripada wanita.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Menambah Kecerdasan

Pengaruh Metabolisme Otak

Alasan ilmiah lainnya seperti yang diungkapkan dalam studi yang dilakukan Washington University School of Medicine adalah juga dipengaruhi perbedaan proses metabolisme otak yang dimiliki pria dan wanita.

Spesifiknya berdasarkan penelitiannya, pada dasarnya usia metabolisme otak yang dimiliki oleh wanita, adalah 3 kali lebih muda dari pria.

Jadi berdasarkan penjelasan ini, ada baiknya bagi kita mulai dari sekarang untuk tidak menyalahkan diri kita lagi karena dulunya sering malas-malasan belajar atau baca-baca buku.

Jadi Kamu nggak usah bingung yah gaes. Sudah memang alami dari sananya guys!

BACA JUGA: Benarkah Pria Lebih Menyukai Wanita Cerdas? 

Proses Pengujian Penelitian

Bagi kita-kita yang mungkin masih ragu dengan kevalidan pengujian yang dilakukan ini, perlu diingat bahwa pengujian ini dilakukan terhadap 121 wanita dan 84 pria yang memiliki rentang usia dari 20-82 tahun.

Mereka diberikan tes uji otak seperti: Memberikan penjelasan terhadap suatu situasi / masalah, tes memori, dan tentunya pemecahan masalah.

BACA JUGA: Dua Warna Ini Bisa Merangsang Kreativitas dan Kecerdasan 

Dan dari pengujian terungkap bahwa setelah melakukan tes-nya, usia metabolisme otak pria adalah 2.4 tahun lebih tua sedangkan wanita, 3.8 lebih muda dari usia mereka yang sesungguhnya.

Walau  wnita lebih cerdas dari pria sudah terbukti secara ilmiah, bukan berarti kita lantas pasrah saja guys.

Kita masih bisa banget untuk tetap meningkatkan dan mempertahankan kecerdasan kita dengan terus “menyuapi” otak kita dengan berbagai aktivitas yang merangsang otak kita seperti: Belajar, membaca, menulis, dna bahkan bermain musik. Jadi semangat terus ya guys!(Sbg/Mrv)

Comments