Menghapus Tato
Banyak Pria yang menyesal di kemudian hari lantaran memiliki tato. Nah salah satu cara untuk menghapus tato dari tubuh adalah dengan menggunakan sinar laser. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Begitu banyak pria yang memilih untuk mentato dirinya lantaran tren atau gaya hidup yang sedang booming pada masanya. Namun, tak sedikit yang belakangan menyesal dan mulai berpikir bagaimana cara menghapus tato di tubuhnya.

Berbagai pertanyaan seperti apakah kulit bakal mulus kembali, atau apakah kulit bakal jadi jelek tentunya menghantui pikiran para pria yang punya keinginan untuk menghapus tato di tubuhnya

Kamu tak perlu khawatir! Saat ini teknologi sudah semakin canggih, sehingga metode laser untuk menghilangkan tato dapat digunakan lebih efektif dan memiliki risiko efek samping bekas luka yang minim. Tentunya perawatan ini dilakukan oleh ahli kesehatan profesional yang sudah terjamin kualitas serta kemampuannya.

BACA JUGA:

Teknik Menghapus Tato dengan Laser

 

Salah satu cara untuk menghilangkan tato permanen secara medis dilakukan dengan menggunakan laser. Langkah ini dilakukan dengan proses memecah warna tato menggunakan sinar intensitas tinggi.

Ada banyak jenis laser yang digunakan untuk menghapus tato. Tiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda-beda, seperti laser YAG dan Q-switched ruby yang hanya efektif untuk menghilangkan tato berwarna biru-hitam dan merah. Namun, teknik ini kemungkinan tidak bisa menghapus tato berwarna hijau.

Menghapus Tato
untuk menghapus tato dengan metode laser membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. (Foto: Foto : Well Medical arts)

Proses awal menghapus tato dengan laser adalah menjadikan kulit mati rasa dengan suntikan obat bius lokal.

Kemudian, alat laser ditempel pada tato untuk memanaskan dan menghancurkan tinta tato. Setelah proses laser selesai, kamu mungkin akan melihat pembengkakan, melepuh, atau pendarahan pada kulit.

Demi menghindari infeksi, kondisi tersebut bisa diatasi dengan salep antibiotik. Kamu membutuhkan perawatan laser berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kamu bisa  menjalani 2 hingga 6 kali perawatan, atau bahkan 10 kali, tergantung warna dan ukuran tato di tubuhmu.

Tidak Semua Orang Boleh Menghapus Tato dengan Sinar Laser

Metode menghilangkan tato dengan laser sebenarnya aman untuk digunakan namun demikian, metode laser tidak disarankan untuk dilakukan pada wanita hamil atau pada ibu menyusui dan penderita gangguan sistem kekebalan tubuh.

Perawatan untuk menghapus tato biasanya akan berbeda antara pasien satu dengan lainnya. Hal ini tergantung pada usia, jenis tato, warna kulit pasien, serta kedalaman tinta tato pada permukaan kulit.

Namun perlu diingat, upaya menghilangkan  tato dengan metode laser mungkin akan terasa sedikit menyakitkan dan membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sebelum Anda menghilangkan tato, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat.

Nah dibawah ini ada video informatif yang memberitahukan perihal kondisi tubuh kita saat menghapus tato dengan sinar laser. Semoga bermanfaat! (Sbg/Rig)

Comments