Sunat
Sunat pada pria memberi begitu banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: Hellosehat)

Sabigaju.com – Banyak yang bilang, kalau sunat pada pria membuat sensitivitas penisnya akan berkurang.

Akibatnya, gairah seks juga menurun. Nyatanya, tak ada hubungannya tuh sunat dengan gairah seks seorang pria.

Untuk seorang muslim, sunat atau khitan memang wajib hukumnya. Tapi ternyata manfaat sunat bisa dirasakan oleh semua pria nih, Sob. Itu sebabnya beberapa dokter menyarankan agar setiap cowok mesti banget disunat.

BACA JUGA: Benarkah Ukuran Mr. P Sangat Penting Bagi Para Wanita?

Keuntungan Jika Sunat

Pasalnya, sunat dapat mengurangi risiko penyakit seksual menular, tak hanya bagi prianya tapi bagi pasangan wanitanya. Tak hanya itu, wanita yang pasangannya tak disunat ternyata berisiko lebih besar terkena kanker serviks.

Menurut yang dikutip Men’s Health, pria yang disunat mampu menurunkan risiko penyakit seksual kepada wanita, termasuk HIV, HPV atau sifilis.

BACA JUGA: Bikin Banyak Pria Galau, Berapa Sebenarnya Standar Ukuran Mr. P? 

Kemudian diambil dari Alodokter, sunat juga mampu mencegah nyeri pada kepala penis atau disebut kulup.

Penyakit ini disebut juga fimosis, di mana kulit kulup sulit ditarik sehingga sehingga bisa menyebabkan radang yang berakhir balanitis.

Cowok perlu disunat untuk mengurangi kanker penis nih, Sob. Kebersihan penis juga terjamin karena setelah disunat kepala penis mudah untuk dibersihkan.

Sunat juga bisa mengurangi risiko infeksi saluran kemih karena kuman biasanya berkumpul di ujung penis yang belum disunat. Dengan demikian, pasangan juga tidak akan tertular infeksi serupa.

BACA JUGA: Jangan Ngaku Jumbo Dulu, Begini Cara Mengukur Penis yang Benar!

Menekan Resiko Infeksi HIV

Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa bakteri yang hidup di kulup dapat meningkatkan risiko HIV.

Semakin banyak bakteri anaerob yang berkumpul di kulup, maka semakin besar kemungkinan pria yang tidak disunat akan terinfeksi virus.

Dalam pertemuan tahunan International Aids Society di Paris beberapa waktu lalu, para peneliti mengatakan bahwa peningkatan 10 kali lipat beberapa jenis bakteri yang hidup di bawah kulup dapat meningkatkan risiko terinfeksi HIV sampai dengan 63 persen.

BACA JUGA: Enam Makanan Alami yang Meningkatkan Performa Pria di Atas Ranjang

Laporan yang dipublikasikan dalam situs mBio ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan bahwa bakteri penis mungkin merupakan faktor risiko infeksi HIV yang belum diketahui.

Para ahli juga menjelaskan bahwa disunat pada pria dapat membuat bakteri anaerob, yang hidup dan berkembang di tempat-tempat yang kurang oksigen, akan mati di luar kulup.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan bahwa sunat harus dilakukan oleh tenaga medis yang tepat karena bisa berisiko fatal.

BACA JUGA: Begini Bentuk Mr. P yang Digilai Wanita, Punya Kamu yang Mana?

Mulai dari pendarahan, infeksi, hingga sisa kulit kulup yang menempel sehingga perlu adanya operasi.

Nah kini semua pilihan ada pada kamu, tapi kamu tau mana yang terbaik untuk kamu dan pasangan. So, be wise! (Sbg/Dinda)

Comments