Hubungan yang Tidak Bahagia
Banyak pria yang tetap bertahan dalam sebuah hubungan yang tidak bahagia. (Foto:Via bustle.com)

Sabigaju.com – Tak ada pasangan manapun yang ingin merasakan hubungan yang tidak bahagia

Sayangnya kebahagiaan hanya milik segelintir pasangan saja  alias tidak semua pasangan bisa merasakan kebahagiaan saat menjalani sebuah hubungan

Banyak pasangan  memilih berpisah lantaran ketidak cocokan ataupun cekcok berkepanjangan. Namun banyak pula orang memilih bertahan meski menjalin hubungan yang tidak bahagia dengan pasangannya.

Timbul pertanyaan, mengapa banyak pria yang tetap bertahan dalam sebuah hubungan yang tidak bahagia. Padahal mereka punya kesempatan untuk mengakhirinya alias memilih berpisah?

BACA JUGA: Kamu Harus Tahu Bedanya Cinta dan Tergila-gila

Altruisme Kunci Bertahan dalam Hubungan Tak  Bahagia

Mungkin kamu beranggapan, kalau keputusan untuk bertahan adalah lantaran hubungan yang kamu jalin dengan pasangan t sudah begitu mengakar tak mau ambil risiko.

Apalagi untuk menukar hubungan saat ini dengan status lajang ataupun pemikiran belum tentu penggantinya bisa lebih baik dan membahagiakan.

Ternyata,  menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, bukan hal tersebut yang menjadi  alasan lain di balik keputusan bertahan dalam sebuah hubungan yang tidak bahagia.

Dalam Penelitian ini dipimpin oleh psikolog Samantha Joel, dan University of Utah di Salt Lake City dan Western University di Ontario, Kanada.

BACA JUGA: Tipe Pria yang Digilai Wanita, Dari Mulai Fisik Hingga Personaliti

Joel menemukan  alasan  bahwa seseorang bertahan dalam hubungan yang tak bahagia justru datang dari sisi altruisme alias sifat mengutamakan kepentingan orang lain. Dimana mereka tidak ingin melukai hati pasangannya.

“Semakin orang meyakini bahwa pasangan mereka tergantung pada hubungan, semakin kecil pula kemungkinan mereka untuk memulai perpisahan,” kata Joel.

Joel menambahkan, “Ketika seseorang menganggap pasangannya sangat berkomitmen pada hubungan, mereka cenderung enggan putus. . Umumnya, kita tidak ingin menyakiti pasangan dan kita peduli tentang apa yang mereka inginkan,” papar Joel.

BACA JUGA: Cara Keren Menghadapi Penolakan Cinta dari Seorang Wanita

Faktor Lain Bertahan dalam Hubungan Tak Bahagia

Penyebab lain yang membuat orang bertahan dalam hubungan yang tidak bahagia, yakni sunk cost effect.

Dilansir Sabigaju dari laman  Stylist, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Minho, Portugal menyimpulkan, orang punya kecenderungan bertahan dalam suatu hubungan saat mereka telah menginvestasikan waktu, usaha, atau uang.

Pada dasarnya, kamu mungkin tetap menjalin hubungan yang tidak bahagia karena tidak ingin usahamu selama ini sia-sia. (Sbg/Rig)

Comments