Platform streaming musik asal Swedia, Spotify  baru-baru ini  meluncurkan versi Spotify Lite. (Foto: Pixabay)
Platform streaming musik asal Swedia, Spotify  baru-baru ini  meluncurkan Spotify Lite. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Saat ini begitu banyak layanan online yang berusaha menggaet pengguna baru dengan perangkat dasar dengan merilis aplikasi versi ringan (lite). Sebut saja Facebook yang sudah merilis aplikasi Facebook Lite dan Messenger Lite.

Dua aplikasi versi ringan itu sudah diunduh ratusan juta pengguna di seluruh dunia. Begitu pula dengan Instagram yang baru merilis aplikasi Lite beberapa waktu lalu.

Dan kini platform music streaming asal Swedia, Spotify baru-baru ini  meluncurkan versi Lite. Dengan aplikasi ini, Spotify ingin menjangkau pengguna yang lebih menyukai tampilan aplikasi yang lebih ringkas, kapasitas yang ringan, dan penggunaan kuota internet yang lebih hemat.

Beda Versi Spotify Lite dan Versi Standar

Aplikasi Spotify Lite ini berukuran lebih kecil hanya berkapasitas 15 MB saja. Sedangkan untuk versi regulernya, aplikasi Spotify memiliki ukuran hingga 100 MB.

Ukuran yang lebih kecil ini juga berimbas kepada ditiadakannya beberapa fitur dari Spotify standar. Lantas fitur dan fungsi apa saja yang tidak terdapat dalam aplikasi Spotify Lite? Berikut ulasannya

1. Tidak Punya Offline Mode

Spotify Lite tidak memiliki fungsionalitas playback offline mode yang memungkinkan pengguna mengunduh lagu ketika tersambung Wi-Fi, sehingga nantinya bisa mendengarkan lagu itu tanpa terkoneksi jaringan internet.

2. Tidak Punya Fitur Conect

Fitur Spotify Connect yang memungkinkan pengguna menyambungkan akses dari smartphone ke laptop atau speaker secara nirkabel, sehingga lebih fleksibel tidak tersedia dalam Spotify Lite.

3. Tidak Punya Fitur Free

Selanjutnya, Spotify  versi Lite juga tak memilik fitur Free, yang mampu menyeleksi lagu-lagu spesifik sesuai keinginan hati pengguna, pilihan mendengarkan audio berkualitas tinggi juga absen di aplikasi Lite.

Dengan kata lain semua fitur premium dan lainnya tidak tersedia di versi lite ini. lewat Spotify versi Lite para penikmat musik streaming hanya dapat mengikuti dan mendengar lagu yang telah ditentukan oleh Spotify.

So, jika fokus kamu demi untuk menghemat memori ponsel, Spotify Lite bisa dipilih. Tapi bila mengedepankan pengalaman mendengarkan musik, baiknya tetap pada versi standar.

Spotify Lite sekarang tersedia untuk diunduh di Google Play Store. Sejauh ini aplikasi Spotify versi Lite memang masih dalam bentuk uji coba. Belum diketahui apakah Spotify bakal menyediakan aplikasi ini secara luas atau tidak nantinya. (Sbg/Rig)

Comments