Mengoleksi Jam Tangan
Hobi mengoleksi jam tangan memiliki berbagai keuntungan investasi di kemudian hari bagi orang yang melakukannya. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Begitu banyak pria yang hobi mengoleksi jam tangan. Selain karena kebutuhan untuk menunjukkan waktu, jam tangan mampu membuat penampilan pria lebih elegan.

Memakai jam tangan juga akan semakin memperlihatkan seorang pria tampak profesional.Tidak terkecuali bagi mereka yang berkantung tebal, jam tangan wajib hukumnya untuk dikenakan dan jam tangan mewah menjadi incarannya.

Dalam perkembangannya, saat ini jam tangan sudah termasuk kebutuhan dan gaya hidup. Bahkan beberapa orang membeli jam tangan untuk koleksi. Jika para pria ingin tampil oke, pilih jam tangan yang dapat disesuaikan dengan berbagai macam kegiatan maupun pakaian.

Nah, buat kamu khususnya yang baru memulai hobi mengoleksi jam tangan sabigaju mau kasih beberapa tips buat kamu. Berikut ulasannya.

BACA JUGA:

1. Tentukan Tujuan

Mengoleksi Jam Tangan
(Foto: Unsplash)

Saat memutuskan untuk mengoleksi arloji, pertama yang meski tertanam dalam diri kita adalah bahwa tujuannya untuk apa sekedar hobi (have fun) atau investasi kalau hanya untuk sekedar ‘have fun’ semata pilihlah arloji dengan harga yang wajar dan jangan yang mahal.

2. Tentukan Jenis dan Kategori

Ada berbagai jenis arloji alias jam tangan. Dari sekian banyak jenis arloji yang kita punya pasti ada arloji yang paling kita sukai dan sesuai banget dengan selera kita istilah kerennya arloji gue banget!

Mengoleksi Jam Tangan
(Foto: Monochrome-Watches.com)

Nah, arloji ini perlu di rawat abis karena arloji itu bisa mewakili kita atau sebagai icon diri kita. Ini tentunya sampai kapan pun arloji ini tidak akan anda jual kecuali seleranya sudah berubah atau ada kejadian yang di luar dugaan kita.

3. Mengoleksi Jam Tangan itu Investasi

Mengoleksi jam tangan tergolong wearable investment atau investasi yang dapat digunakan di kemudian hari.

Mengoleksi Jam Tangan
(Foto: Jazztime)

Sebagai barang investasi, harga jual arloji yang kita koleksi bisa mencapai harga berlipat-lipat dari harga belinya.Biasanya, butuh waktu lima sampai tujuh tahun supaya harga jual kembali arloji jadi tinggi.

Namun hal tersebut hanya terjadi pada beberapa merek yang mentereng, seperti Rolex, Patek Philippe, atau Hublot. Itu pun masih terbagi lagi menjadi varian-varian tertentu.

4.  Jika Anggaran Terbatas

Nah ini adalah hal penting untuk dikuasai oleh kamu yang gemar mengoleksi jam tangan.

Misalnya kalau kamu punya anggaran yang ketat alias minim namun hendak mengoleksi arloji dengan jenis quartz maka sangat tepat untuk mengoleksi adalah merek arloji buatan Jepang seperti SEIKO,ALBA,CASIO.

mengoleksi jam tangan
(Foto: Intime)

Atau kamu juga bisa mencoba dengan merek yangsedikit ngetren GUESS,NAUTICA,DKNY & FOSSIL hingga merek pendatang baru seperti ALEXANDRE CHRISTIE,CHRIST VERRA,SWISS EXPEDITION. Merek tersebut memiliki begitu banyak jenis dan kategori yang dari segi harga berkisar antara Rp.400 ribuan sampai dengan 1,5 jutaan.

Dan kalau kamu mau dapat harga murah cari toko yg sedang ada program SALE karena pada saat itu biasanya sedang diskon gede-gedean lumayan kan

5. Perhatikan Cara Merawat dan Menyimpan

Mayoritas jam tangan modern yang beredar saat ini memiliki daya tenaga yang mampu bertahan antara tiga hingga lima tahun.

Mengoleksi Jam Tangan
(Foto: Unsplash)

Jika kamu telah memulai mengoleksi jam tangan, perhatikan dengan seksama cara penyimpanannya.

Saat hendak menyimpan jam tangan, sebaiknya ditempatkan pada kotak aslinya, dan diletakkan di ruang penyimpanan yang kering dan sejuk. Khususnya untuk jam tangan premium yang mengharuskan perawatan ekstra.

Jangan lupa untuk memperbarui daya sebelum benar-benar mencapai titik habis, di mana hal ini bermanfaat untuk menjaga kondisi prima, apalagi jika dikenakan dalam intensitas tinggi. (Sbg/Rig)

Comments