Kelab Malam
Kabar pembukaan kelab malam bernama White Jeddah di Arab Saudi menjadi perbincangan netizen di dunia maya belakangan ini . (Foto: Instagram whiteclubjeddah)

Sabigaju.com –  Belum lama ini netizen heboh. Ini lantaran adanya isu kelab malam halal yang ada di Arab Saudi. Seperti diketahui, Arab Saudi adalah negara yang cukup konservatif soal budaya Barat karena menyangkut hukum Islam yang ada di sana.

Tapi kelab malam? Tentu ini membuat warga dunia terheran-heran. Bagaimana bisa Arab Saudi akhirnya mengizinkan tempat hiburan semacam tempat clubbing ?

Banyak yang menduga bahwa area clubbing berkelas ini adalah bagian dari usaha Pangeran Mohammed bin Salman untuk memodernisasi Arab Saudi yang terkenal konservatif.

Kelab malam yang diberi nama White Jeddah adalah cabang dari kelab malam White di Dubai. Hanya saja, kelab malam ini berlabel “halal”. Apa bedanya?

BACA JUGA: Sederet Dampak  Tubuh Usai Menenggak Minuman Beralkohol 

No Alcohol!

Kalau pada kelab malam lain kamu bisa menemukan banyak minuman beralkohol, di sini you won’t!

Karena memang dalam Islam minuman ini terbilang haram, Arab Saudi tidak mengizinkan peredaran minuman beralkohol di negaranya. Jadi, kelab malam halal ini tentu tidak akan menjualnya.

(Foto: Twitter)

Meski demikian, ribuan netizen menganggap jika aturan tempat clubbing berkelas yang tidak mengizinkan peredaran minuman beralkohol dan larangan masuk klub bagi mereka yang masih berada di bawah usia 18 tahun hanya candaan.

Mungkin es teh manis tetap enak diiringi lantunan musik disko ya.

BACA JUGA: Instagramer Berikut Ini Punya Gaya Casual yang Mudah Ditiru

Dress Code

Kamu juga jangan pernah mengharapkan ada wanita berpakaian seksi di tempat ini. Karena,  tempat ini tak mengizinkan pengunjungnya berpakaian terbuka.

Tentu dong, ini karena pakaian terbuka menyalahi aturan Islam. So, they call “smart dress” is the best dress code.

Tidak seperti White di Dubai dan Beirut, klub di Jeddah mengharuskan tamunya berpakaian sopan dan kasual.

No Photos or Videos

(Foto: Twitter @HarshadeSilvaMP)

Kamu juga enggak boleh nih, mengambil gambar dalam bentuk apapun. Belum jelas karena apa. Kemungkinan sih, karena orang-orang di dalamnya tidak boleh terekspos dunia luar.

BACA JUGA: Tips Om2: Seluk Lekuk Female DJ 

Full Music

Walau banyak aturan ketat, musik dalam area clubbing ini tetap ada. Genre musik seperti EdM, RnB, hingga hip hop bisa tetap kamu nikmati.

Walau terdengar menarik, kelab malam halal ini disambut banyak reaksi Sob. Ada yang menyambutnya gembira, menolak, bahkan justru membuatnya sebagai berita lucu.

Tentu sebagian yang menolak merasa bahwa kelab malam halal ini hanya dalih agar budaya Barat dan aturan yang menyalahi Islam tetap masuk. Sebagian yang menyambutnya gembira menyangka bahwa Arab Saudi akhirnya sudah membuka diri pada sesuatu yang modern.

Sayangnya, Sob,  tempat clubbing yang disebut-sebut halal ini akhirnya tak jadi diresmikan karena tetap dilarang oleh GEA atau badan otoritas yang mengatur hiburan di Arab Saudi. Menurut mereka, kelab malam tersebut tetap menyalahi aturan di sana.

Hmm, gimana menurut kamu nih, Sob? Kalau kelab malam halal yang rencananya akan dibuka di tepi pantai ini tetap dibuka, kamu ada rencana ke sana? (Sbg/Dinda)

Comments