Film Parasite
(Foto: CJ Entertainment)

Sabigaju.com -Film Parasite mencatat sejarah di ajang Penganugerahan Piala Oscar 2020 dengan memboyong empat penghargaan sekaligus.

Film garapan sutradara Bong Joon Ho meraih empat Piala Oscar untuk kategori Skenario Asli Terbaik, Film Berbahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik menjadi Film Terbaik pada Academy Awards 2020, yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu (9/2/2020) waktu setempat.

Film Parasite berhasil mengalahkan film lain yang ada di dalam nominasi seperti Once Upon a Time.. In Hollywood, 1917, Marriage Story, Little Women, Joker, Jojo Rabbit, The Irishman, Ford vs Ferrari.

Kemenangan Film Parasite membuat film tersebut trending di media sosial. Ada lebih dari 600 ribu cuitan tentang film tersebut dan menyebutkan bahwa Parasite layak membawa banyak piala Oscar 2020.

BACA JUGA: Berbagai Persiapan Sebelum Nonton Film Bersama si Dia 

Sinopsis Film Parasite

Film Parasite menggambarkan upaya sekelompok manusia bertahan hidup di dunia sampai terpaksa masuk sebagai parasit dalam hubungan dengan manusia lain.

Parasite merupakan film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga, Park dan Kim. Secara perlahan, satu per satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Park.

Kisah dalam film ini menceritakan keluarga Ki-taek, beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram.

Suatu hari, Ki-woo, anak laki-laki tertua di keluarga itu direkomendasikan oleh kawannya yang merupakan mahasiswa dari universitas bergengsi untuk menjadi guru les dengan bayaran mahal.

Film Parasite
(CJ entertainment)

BACA JUGA: Gaes, Kebiasaan Menonton Film Bikin Kamu Cepat Tua

Tawaran itu lantas membuka secercah harapan Ki-woo dan keluarga untuk mengantongi penghasilan tetap. Dengan penuh restu serta harapan besar dari keluarga, Ki-woo–berbekal dokumen mahasiswa palsu–pun menuju ke rumah keluarga Park untuk wawancara.

Setibanya di rumah pemilik perusahaan IT global tersebut, Ki-woo bertemu dengan Yeon-kyo, nyonya muda di rumah itu.

Penonton juga diajak menikmati humor penuh satire disajikan dengan sangat mulus, lewat karakter, gambar-gambar kontradiktif tapi simpel, serta dialog.

Keluarga Park memang kaya, tapi tak serta merta mereka menjadi jahat . Sebaliknya, meski sudah menipu, keluarga Ki-taek digambarkan sangat manusiawi. Mereka kompak, ceria di tengah kemelaratan, dan saling cinta.

Begitu penonton kian terbawa akan alur cerita yang terasa sederhana, Joon-ho tiba-tiba mengirimkan “serangan” bertubi-tubi.

BACA JUGA: Alasan untuk Berhenti Mengakses Situs Streaming Film Gratis

Korban Kapitalis

Film Parasite
(CJ entertainment)

Selain mengangkat kesenjangan sosial antara keluarga Park dan Kim, Film Parasite menyajikan realita yang sebenarnya terjadi di Korea saat ini. Dimana kesenjangan antara si kaya dan si miskin relatif meningkat.

Yup, masih banyak orang Korea yang tinggal di apartemen sempit yang sangat tidak layak. Tercatat ribuan orang masih tinggal di sana, padahal lokasinya ada di Seoul, kota metropolitan sekaligus ibu kota Korea Selatan.

Film ini juga menyoroti sistem kapitalisme yang menggerus orang-orang berpendapatan rendah sehingga mereka tidak berkesempatan untuk hidup dengan layak. Dan hal ini membuat banyak generasi yang lebih muda merasa sangat putus asa

Hal tersebut terlihat dari sebuah percakapan di film yang memperlihatkan bagaimana 500 lulusan perguruan tinggi melamar pekerjaan sebagai penjaga keamanan.

So, kamu mesti banget deh nonton Film Parasite ini!(Sbg/Rig)

Comments