Setiap gonggongan ataupun suara anjing  lainnya ternyata punya arti maka itu perlu pengetahuan dan kedekatan yang baik dengan mereka. (Foto Pixabay)
Setiap gonggongan ataupun suara anjing  lainnya ternyata punya arti maka itu perlu pengetahuan dan kedekatan yang baik dengan mereka. (Foto Pixabay)

Sabigaju.com – Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan seperti anjing menjadi kesenangan tersendiri. Tidak sedikit yang menjadikannya sebagai media penghilang stres dengan bermain bersama atau sekadar melihat tingkah pola mereka.

Namun, tidak sedikit dog lovers yang kerap merasa jengkel saat hewan peliharaan mereka itu kerap bersuara atau menggonggong tanpa henti.

Eitts, kamu jangan kesal ataupun langsung menghukum mereka dulu bila anjing peliharaan kamu tidak berhenti menggonggong. Setiap gonggongan anjing lainnya ternyata punya arti maka itu perlu pengetahuan dan kedekatan yang baik dengan mereka.

Nah, penasaran sama makna dari gonggongan anjing peliharaanmu? Simak ulasannya di bawah ini, Sob!

1. Suara Anjing Menggonggong

Menurut Alexandra Horowitz, seorang pakar studi psikologi dengan perilaku pada hewan dari Columbia University mengatakan mengonggong adalah salah satu cara anjing berkomunikasi. Karena anjing menggonggong dengan berbagai alasan, seperti melihat orang atau hewan asing masuk rumah.

Selain itu, menggonggong juga bisa sebagai ekspresi emosi anjing, sedang kesepian, ketakutan, stres atau bahkan sedang gembira.

Horowitz menambahkan terkadang ada pula gonggongan menandakan bahwa si anjing hendak pergi berjalan-jalan bersamamu. Maka, mereka pun menggonggong untuk mendapat perhatian dari anda.

2. Suara Menggeram

Hal ini bisa berarti anjing kamu sedang agresif atau ingin bermain/tidak suka dengan tindakan yang mungkin akan terjadi padanya, seperti ada yang ingin menyentuh atau menggendongnya.

3. Suara Melolong

Jika anjing peliharaanmu melolong di malam hari hal itu bisa berarti sebagai bentuk komunikasi jarak jauh dengan anjing lain atau pemiliknya.

Lolongan bisa digunakan juga untuk menjaga agar orang asing pergi, atau memanggil pemilik rumah untuk keluar. Loongan juga bisa berarti anjing sedang cemas karena ditinggal sendirian oleh pemiliknya.

4. Suara Mengkaing

Mengkaing adalah suara dengan nada tinggi yang biasanya disuarakan dengan mulut tertutup. Mengkaing bisa berarti anjing menginginkan sesuatu, misalnya makanan, ingin pergi keluar untuk  buang air, ingin dilepaskan tali pengikatnya, atau hanya ingin minta perhatian.

Jika mendesak, biasanya anjing akan menambahkan gonggongan di sela-sela dia mengkaing

5. Suara Merintih

Jika anjing peliharaanmu mengeluarkan suara rintihan bisa jadi dirinya sedang kesakitan, mencari perhatian pemiliknya, atau disiksa secara fisik atau merasa diabaikan.

Ataupun ini bisa menjadi pertanda kalau anjing peliharaanmu mengalami masalah kesehatan. Ada baiknya anjing peliharaanmu segera dibawa ke dokter untuk diperiksa.

So, sekarang kamu sudah tahu ‘kan apa arti suara dari gonggongan anjing peliharaanmu, Sob? (Sbg/Rig)

Comments