masa probation

Sabigaju.com – Ketika bekerja, menjadi lazim biasanya mengenal dan menjalani masa percobaan (probation) di suatu perusahaan. Ada yang 3 bulan, 6 bulan hingga terkadang ada pula yang setahun (dalam bentuk kontrak). Masa ini tentunya mendebarkan karena Anda akan merasa deg-degan apakah Anda lulus percobaan atau tidak sedangkan pihak perusahaan akan memberikan penilaian kerja pada Anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan pada masa probation.

1. Target Masa Percobaan dari Perusahaan

Hal paling penting dan krusial yang harus Anda cari tahu saat pertama kali masuk kerja adalah apa yang diharapkan oleh atasan Anda selama masa percobaan (probation) tersebut. Setiap atasan tentu sudah memiliki bayangan sendiri, seperti apakah seharusnya karyawan yang baru direkrutnya ini.

Untuk itu, sebaiknya Anda jangan sungkan untuk menanyakan di hari pertama Anda masuk kerja. Jangan takut untuk bertanya mengenai hal tersebut, karena hal ini akan membantu Anda dalam mencapai pencapaian yang diharapkan oleh atasan Anda.

2. Target Pribadi

Jika perusahaan tempat Anda bekerja tidak dapat memberikan target tersebut, maka tidak ada salahnya Anda sendiri yang membuat target apa yang ingin Anda capai dalam masa probation tersebut. Paling tidak, kamu mempunya standar mengenai apa yang sudah seharusnya kamu ketahui pada akhir masa probation. 

Sebaiknya, penetapan target ini dibuat menjadi lebih spesifik agar tidak membingungkan Anda. Dengan demikian, ketika masa percobaan telah selesai, Anda dapat mengajukan keberhasilan tersebut pada atasan.

3. Lakukan yang Terbaik

Selalu lakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda. Lakukanlah yang terbaik selama masa percobaan karena pada masa tersebut, Anda sedang dites apakah Anda mampu bekerja secara lebih baik di perusahaan tersebut atau tidak.

4. Jadilah Karyawan yang Antusias

Karyawan yang antusias biasanya akan melamar perusahaan karena latar belakang kecocokan visi dan misinya dengan perusahaan. Dengan demikian, Anda dapat benar-benar mengembangkan diri di perusahaan tersebut. Anda dapat menjadi karyawan yang antusias. Produktivitas karyawan antusias tentu saja berbeda dengan karyawan lain yang menyelesaikan day to day operation tanpa memandang jauh perkembangan perusahaan.

5. Disiplinlah pada Waktu

Meskipun perusahaan Anda tidak mewajibkan absensi, tetapi cobalah tetap berusaha untuk disiplin pada waktu. Pada masa probation ini, calon karyawan harus belajar lebih banyak tentang pekerjaan barunya. Tetaplah jaga ritme dengan bersikap disiplin pada waktu. (Sbg/Vn)

Comments