Sabigaju.com – Pernahkah kamu mengalami sebuah kejadian dimana kamu begitu sulit menjelaskan nama dari sebuah benda disekitar kita yang sering kita lihat bahkan setiap hari.

Saking sulitnya menjelaskan, terkadang kamu bahkan hingga membuat gerakan tangan untuk mendefinisikan benda disekitar kita itu. Yah, kamu bukan satu-satunya. Itu terjadi pada sebagian besar dari kita.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih informasi beberapa nama benda di sekitar kita untuk menyelamatkan kamu dari momen-momen aneh seperti diterangkan diatas, Sob.

1. Nose Pads

Nose Pads adalah penyangga kacamata yang bersentuhan langsung dengan hidung. Nose Pads sangat vital saat kita mengenakan kacamata.

Ada dua jenis Nose Pads yakni ada yang berdiri sendiri tanpa topangan khusus yang melekat di frame kacamata. Ada juga yang menyatu langsung dengan frame tanpa ada bantuan penopang.

2. Aglets

Aglets adalah plastik kecil atau logam selubung yang biasanya digunakan pada setiap ujung kabel, tali sepatu, atau tali. Aglets dibuat dari serat-serat fiber atau selotip untuk mencegah tali terurai.

Aglets berasal dari bahasa Prancis lama dari kata Aguillette, yang berarti jarum, lantaran bentuknya seperti jarum kecil di ujung tali.

Ironisnya, Aglets di anggap gak penting dan jarang ada yang tau namanya. Padahal peran Aglets itu berguna banget loh! Coba bayangin betapa susahnya kalo ujung tali sepatu kita ga ada agletsnya, pasti susah banget deh masukin ke lobang sepatunya.

3. Phloem Bundle

Phloem Bundle sebutannya sih keren dan kekinian tapi banyak orang yang malah menyingkirkan serat ini saat menyantap pisang. Padahal Phloem pada pisang tugasnya adalah menyediakan nutrisi, seperti mineral dan air yang mencukupi agar pisang tumbuh dengan baik.

Phloem mengandung beragam serat dengan jumlah yang lebih banyak, dibanding buah lain dan aman untuk dimakan bersamaan dengan pisang. Nah, mulai sekarang kamu tak perlu membuang Phloem, langsung dimakan saja!

4.  Gigi tapi Bukan untuk Mengunyah Makanan

Dilansir dari buku museum Smithsonian,¬†ritsleting diciptakan pertama kali oleh orang Amerika bernama Elias Howe. Howe memegang patennya sejak 1851 dengan nama asli paten ‘Automatic Continuous Clothing Closure’

Bagian zip dari ritsleting disebut rantai, tetapi potongan-potongan kecil dari logam yang menyatukannya disebut Gigi, yang memiliki tugasnya membuka dan menutup dua sisi bahan, dengan dorongan dari slider dan puller.

5. Ferrule

Ferrule dalam bahasa latin disebut Viriola yang berarti gelang kecil. benda ini umumnya digunakan untuk pengikatan, penyambungan, penyegelan atau penguatan. Biasanya sering berbentuk cincin melingkar yang dibuat dari logam.

Salah satu contoh Ferrule yang sering kita jumpai adalah saat kita melihat logam yang menutupi dan mengikat pensil dengan karet penghapus.

6. Locker Loop

Jaman dahulu kala, baju pelaut mempunyai ikatan yang seperti itu untuk menggantung bajunya di gantungan dimana ia bekerja di kapal.

Lalu tren tersebut menjadi tenar pada tahun 1960-an. Nah, jadilah namanya itu Locker Loop atau cantelan lemari. Tren tali kecil di belakang pakaian ini masih dipertahankan oleh sejumlah produsen dan merek pakaian ternama.

7. Occlupanid

Benda lain di sekitar kita yang asing didengar dapat kita temui saat kita membuka kemasan roti tawar, biasanya ada semacam klip. Nah, itu namanya sebenarnya Occlupanid atau simple-nya sebut aja klip roti.

Kalau diperhatikan dengan seksama, ternyata Occlupanid tersebut mempunyai beragam warna yang mengandung arti dan membantu kita bisa mendapat roti tawar yang masih fresh.

Sebagian besar produsen roti tawar menggunakan kode ini untuk menunjukkan kapan tepatnya hari di mana roti tawar tersebut dibuat. (Sbg/Rig)

Comments