Sabigaju.com РSalah satu masalah yang dihadapi di bulan puasa adalah bau mulut. Bau mulut tentu membuat siapa pun tidak percaya diri. Jangan sampai bau mulut di bulan puasa ini menganggu aktivitas terutama ibadah puasa kamu Sobat Sabi.

Bau mulut timbul dikarenakan kondisi tubuh yang harus beradaptasi dengan tidak ada satu pun makanan dan minuman yang masuk. Sehingga mulut menjadi kering dan memicu bau mulut. Bau mulut yang meresahkan ini sebenarnya bisa kamu cegah dan atasi sobat sabi. Berikut cara mudah mencegah napas tak sedap saat bulan puasa:

  1. Makan sayur dan buah. Buah dan sayuran memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang bisa berfungsi sebagai pembersih gigi alami untuk menghilangkan plak dan sisa makanan.
  2. Hindari makanan menyengat. Saat sahur usahakan hindari mengonsumsi makanan yang memiliki bau yang menyengat seperti bawang bombay dan jengkol.
  3. Hindari minuman manis. Usahakan jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi. Karena sisa gula di mulut kamu bisa menjadi penyebab bakteri berkembang dan menimbulkan bau mulut.
  4. Minum air putih yang banyak. Bau mulut seharian saat puasa bisa kamu cegah dengan meminum air putih yang banyak saat sahur dan buka puasa. Meminum air putih yang banyak memang sangat dianjurkan sebenarnya bukan hanya saat berpuasa.
  5. Kumur air garam. Manfaat garam bukan hanya sebagai penyedap makanan saja. Tetapi ternyata bisa digunakan untuk mencegah bau mulut karena air garam dapat bekerja sebagai antiseptik. Caranya, larutkan satu sendok garam ke gelas berisi air hangat. Lulu berkumurlah selama 30 detik dan buang, berkumurlah sebelum tidur.
  6. Kunyah lemon atau jeruk. Buah lemon dan jeruk mampu meningkatkan produksi air liur di mulut. Hal ini tentu dapat membuat mulut tidah kering dan bisa mencegah bau mulut.
  7. Kumur dengan mouthwash. Mouthwash sudah menjadi rahasia umum dapat membantu mencegah bau mulut. Sebaiknya pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol.
  8. Sikat gigi. Mencegah bau mulut dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan mulut. Salah satunya dengan sikat gigi.
  9. Bersihkan lidah. Agar kebersihan mulut dapat terjaga secara menyeluruh, tidak cukup dengan sikat gigi. Tetapi juga harus dibarengi dengan membersihkan lidah. Karena biasa bakteri penyebab bau mulut dan sisa makanan yang menempel di lidah bisa membuat bau mulut.
  10. Santap plain yoghurt. Yoghurt merupakan olahan susu yang difermentasi ini mengandung baketri baik yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut. Maka santaplah plain yoghurt saat sahur dan berbuka puasa. Selain, mencegah bau mulut, yoghurt juga mampu memperlancar pencernaan.
  11. Berkumur dengan air cengkeh. Kamu juga bisa mencegah timbulnya bau mulut dengan berkumur air cengkeh sebanyak dua kali sehari. Caranya, rebuslah empat biji cengkeh dan air. Rebusan air cengkeh ini dipercaya bisa menghilangkan bau mulut.

Bau mulut saat berpuasa adalah hal yang lumrah terjadi. Jadi, kita harus pintar-pintar menjaga kebersihan mulut. Jangan jadikan bau mulut sebagai alasan malas berpuasa yah sobat sabi. Selamat menjalankan puasa! (Sbg/Aqiyu)

Sumber foto: Pinterest
Comments