Lamaran Kerja
Hal yang perlu diingat sarat Saat mengirim surat lamaran kerja dengan jalur online, kamu harus  mengkolaborasikan kecanggihan teknologi degan kesantunan.Ilustrasi. (Pixabay)

Sabigaju.com – Kecanggihan teknologi pada saat ini memberikan begitu banyak manfaat bagi kita. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengirimkan surat lamaran kerja.

Jika dahulu kita direpotkan dengan mengetik, mengeprint, lalu kemudian mengirimkan surat lamaran kerja lewat kantor pos, kini semua itu dapat diringkas hanya dengan layanan email.

Namun kemudahan tersebut bukan untuk menggampangkan beberapa hal saat mengirimkan lamaran pekerjaan .

Nah, di akhir pekan kali ini Sabigaju mau bagi tips buat kamu yang ingin melamar pekerjaan dengan cara online.

BACA JUGA: Berniat untuk Mencari Pekerjaan Baru? Perhatikan Lima Hal Ini

Perhatikan Poin Persyaratan yang Diminta

Perhatikan dan baca dengan seksama apa yang ditulis dalam persyaratan yang diperlukan untuk posisi pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan itu.

Pastikan kamu memiliki poin-poin persyaratan yang diminta oleh perusahaan, untuk posisi tersebut sebelum memutuskan untuk melamar, agar kemungkinan untuk diproses lebih lanjut menjadi besar.

 Etika dan Kesantunan di Surat Lamaran Kerja

Saat melamar kerja dengan jalur online ada baiknya kamu mengolaborasikan kecanggihan teknologi degan kesantunan.

Surat lamaran kerja kamu haruslah disertai subject beserta body email, dan sertakan lampiran CV untuk di attachment dalam email lamaran.

Judul surat lamaran kerja harus ditulis dengan jelas dan singkat. Tujuan dari hal ini adalah agar si penerima bisa dengan cepat mengetahui maksud email kamu.

Dibawah ini adalah contoh surat lamaran kerja yang di tulis di  body email

To : PT Indo Cinema
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja Untuk Posisi Camera Person

Dengan Hormat,
Sesuai dengan informasi pada website DNetwork, bahwa PT Indo Cinema membutuhkan seorang Camera Person, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Lexy Maximus
Pendidikan : S1 Perfilman Institut Kesenian Jakarta

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini saya lampirkan satu laman daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bpk/Ibu yang saya lampirkan dalam bentuk attachment.

Bila dikehendaki, saya bersedia memenuhi panggilan untuk di tes dan di wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Lexy Maximus

BACA JUGA: Cara Mengatasi Panik saat Pekerjaan Menumpuk

Adapun  lampiran yang disertakan dalam attachment adalah CV, foto kopi ijazah, ataupun surat keterangan kerja dari perusahaan sebelumnya.

Jika diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto yang size-nya (bobot filenya) terlalu besar, tapi juga jangan terlalu kecil. Perhatikan size foto kamu sebelum menyertakan dalam lamaran online.

Saat ini banyak perusahaan yang meminta agar file-file yang dilampirkan dalam email, dijadikan satu dalam sebuah file zip.

Hal ini ditujukan agar file menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dikirim menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dalam surat lamaran kerja dari pelamar.

Pastikan juga e-mail kamu terhubung ke HP, agar dapat dicek setiap saat. Nah, patut diingat saat kamu memasuki dunia kerja, ada baiknya menggunakan email dengan nama asli sehingga terlihat profesional.

Soal Konfirmasi Kehadiran

Ini sangatlah penting, karena konfirmasi kehadiranmu biasanya akan digunakan recruiter untuk melakukan konfirmasi kepada user yang akan melakukan interview.

Jika kamu tidak dapat hadir, kamu harus membalas e-mail dan mengajukan reschedule, agar para recruiter bisa menjadwalkan hari lain untuk melakukan interview.

Bahkan jika kamu memilih tidak bersedia dan berniat mengundurkan diri dari proses tersebut, kamu juga harus melakukan konfirmasi dengan membalas e-mail yang berisi pernyataan kamu mengundurkan diri.

Nah sekarang ayo praktekkan tips dari Sabigaju, dan kirim sebanyak-banyaknya lamaran kerja mumpung weekend nih, sob. (Sbg/Rig)

Comments