media sosial

Sabigaju.com – Di zaman yang semakin berkembang, teknologi seakan menjadi salah satu kebutuhan yang begitu penting dan tidak bisa lepas dari kita. Kita setiap harinya disuguhkan atau lebih tepatnya dijejali berbagai macam hasil perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Bukan hanya smartphone keluaran terbaru, fitur-fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram dan lainnya membuat penggunanya semakin gandrung. Tiap detik, tiap menit, tiap jam, hampir semua orang mengecek smartphone dan akun social media mereka masing-masing.

Menurut penelitan yang dilansir oleh Plos One, rata-rata orang membuka ponselnya sebanyak 85 kali dalam sehari. Dengan total sekitar kurang lebih 5 jam, sepertiga dari waktu bangun setiap harinya.

Kecanduan bermain media sosial, sadar tidak sadar membuat orang semakin jarang bersosalisasi dengan lingkungan sekitarnya. Coba saja ingat-ingat, kapan terakhir kamu kumpul bersama teman lalu ngobrol panjang lebar tanpa menengok akun social media? Jika jawabnya mengacu lebih sering bermain media sosial, mulailah berhati-hati bisa jadi kamu termasuk social media addict.

Dampak Buruk Media Sosial

Kecanduan media sosial sebenarnya memiliki dampak buruk lainnya. Menurut website MakeUseOf, ada beberapa dampak buruk seperti menimbulkan perasaan iri atau cemburu dengan postingan teman. Medsos juga mempersempit pertemanan dengan memilah-milih dengan siapa kamu berteman. Kamu juga kurang memiliki privacy semua orang tahu segala hal tentang kamu. Dan di level terparah, akan merenggut banyak waktu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan hal yang lebih bermanfaat. Tidak ketinggalan, hal ini juga menimbulkan masalah kesehatan dengan berlama-lama menatap smartphone kesayanganmu.

Sebagian besar orang telah merasakan dampak buruk dari medsos, namun terkadang sengaja didiamkan atau cuek-cuek saja. Nah, kalau kamu sudah merasakan efek kurang baik, ada baiknya kamu melakukan detox.

Detox Media Sosial itu Gampang Kalau Kalian Mau

Detox media sosial tidak akan membuat kamu kehilangan teman-teman di dunia nyata kok. Jangan khawatir juga, detox tidak akan membuat kamu jadi anti sosial. Dengan istirahat sejenak dari dunia maya akan memberikan banyak perubahan yang lebih baik. Selain itu, juga mengurang dampak buruk bagi diri dan kehidupan pribadi kamu. Lalu bagaimana sih cara detox media sosial yang mudah? Yuk, simak berikut ini:

  1. Jika kamu memiliki banyak akun media sosial, mulailah menon-aktifkan atau sign out akun yang paling sering kamu gunakan.
  2. Bukan hanya sign out, kamu juga bisa menguninstall aplikasi media sosial kamu.
  3. Jika kamu merasa kehilangan aplikasi-aplikasi media sosial, kamu bisa menggantinya dengan aplikasi lain seperti games atau e-book..
  4. Jika kamu berat untuk menghapus aplkasinya, yang lebih ekstrem, kamu bisa meminta bantuan kepada orang terdekat untuk menjadi pihak ketiga. Gunanya, pihak ketiga tersebut akan mengganti semua password akun media sosial kamu.
  5. Membuat aturan ketat dengan menanamkan pada diri sendiri kamu bisa lepas dari ketergantungan akan dunia maya, menahan diri bahkan memaksa agar tidak membuka media sosial.
  6. Kamu juga bisa mengurangi atau membatasi diri dengan membuat jadwal atau jam-jam dimana kamu boleh bermain media sosialmu.

Kenapa Harus Detox?

Melepaskan diri dari kecanduan media sosial akan memberikan dampak yang menyenangkan. Dengan detox, kamu tidak akan merasa dihantui dunia maya, lebih mudah move on dan meninggalkan masa lalu tanpa senewen stalking akun medsos orang lain, memiliki privacy dan tidak akan merasa diawasi gerak-geriknya oleh orang lain.

Bermain medsos sebenarnya boleh-boleh saja kok, tidak ada yang melarang. Bahkan banyak kini bermunculan selebgram, youtuber dan orang-orang yang terkenal, sukses dan menginspirasi dari dunia maya. Namun, ingat kita semua hidup di dunia nyata yang tidak kalah asyik dan seru dari dunia maya. (Sbg/Aq)

Comments