Boyolali
Nama Boyolali baru baru ini menjadi bahan pembicaraan orang di dunia maya lantaran disinggung dalam sebuah Pidato yang disampaikan oleh Prabowo Subianto. ( Foto; Twitter @kuterculik)

Sabigaju.com – Nama Boyolali yang merupakan nama sebuah kabupaten di Jawa Tengah baru-baru ini ramai dibicarakan di dunia maya.

Hal ini lantaran nama kabupaten itu sempat disinggung dalam sebuah pidato yang disampaikan oleh calon presiden Prabowo Subianto.

Isi pidato Prabowo  yang dinilai menyinggung masyarakat di kabupaten di Jawa tengah itu pun menuai kecaman dari banyak pihak bahkan ia dipolisikan oleh beberapa pihak yang merasa tersinggung dengan pernyataannya.

Kala itu Prabowo sempat mengatakan, “Saya yakin kalian tidak pernah masuk hotel-hotel tersebut, kalo kalian masuk kalian pasti akan diusir, karena bukan tampang orang kaya. Tampang kalian ya tampang Boyolali ini,” katanya yang kemudian disambut oleh riuh tawa penonton yang hadir di tempat.

Sejumlah pihak merasa tersinggung dengan isi pidato dari Prabowo itu. Menurut mereka, ada banyak sekali capaian warga Boyolali yang sudah sepatutnya dibanggakan.

Mereka menilai Prabowo tak pantas mengucapkan hal demikian karena serupa dengan pernyataan merendahkan.

Berikut adalah beberapa bukti bahwa Boyolali memang harusnya patut dibanggakan.

BACA JUGA:

1. Boyolali Tempat Kelahiran Orang Besar

Banyak tokoh nasional yang lahir ataupun berasal dari kawasan yang berada di Jawa Tengah  ini.

Salah satunya adalah, Widodo Adi Sutjipto. Pria kelahiran Boyolali ini karirnya melejit di Angkatan Laut dan berhasil duduk di kursi Panglima TNI, melampaui para perwira yang bersinar di Orde Baru.

Selain Widodo A.S. tokoh lain yang juga berasal dari Boyolali antara lain. Sebut saja Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo PN ataupun Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Mulyono.

Selain itu ada juga SK Trimurti dan tokoh kesehatan Nasional Dokter. Suharso. Dokter Suharso yang mendirikan Rehabilitasi Centrum Surakarta dengan membuat tangan dan kaki palsu untuk korban perang.

2. Punya Banyak Tempat Wisata

Tak hanya menjadi tempat kelahiran orang besar, Boyolali juga punya segudang tempat wisata yang seru untuk dikunjungi. Dari mulai wisata alam hingga tempat ngehitsnya. Sebut saja trekking di Gunung Merbabu yang punya pesona luar biasa.

View this post on Instagram

Tak pernah hilang kesempatan. Tak pernah sirna dari pandang. Meski kabut itu menghalang. Tatapanku tak mungkin terlepas darimu. Instingku kan s'lalu tertuju padamu. Hatiku kan s'lalu membawaku padamu. S'lalu tahu akan hadirmu. S'lalu menanti kau menyadari. Kehadiranku dalam sepi dalam sunyi. Sejauh mata memandang. #gunungmerbabu #gunungindonesia #pendakiindonesia #pendaki #pendakigunung #pendakikusam #pendaki_id #mountainesia #mountains #pendakijogja #pendakiyogyakarta #mountain #pendakikeren #sahabatpendakijateng #jelajahpendaki #sahabatpendaki #merbabuviaselo #merbabumountain #merbabu3142mdpl #pendakisantai #pendakicupu #pendakiamatir #explorependaki #pendakislow #pendaki_amatir #explorependaki #instapendaki #idpendaki #jejakpendaki

A post shared by Marwanto (@marwan.athaya) on

Kamu juga bisa ke Kampoeng Air Kragilan yang amat sejuk karena adanya wisata air, bukit, serta saung-saung bambu yang asyik.

Tak hanya itu, kota yang berada di Jawa Tengah ini juga punya banyak wisata sejarah. Seperti misalnya Candi Sari dan Candi Lawang.

Atau kamu ingin wisata religi? Datang aja ke makam Ki Ageng Singoprono atau Masjid Cipto Mulyo.

3. Kuliner

Ada banyak kuliner dengan cita ras a nikmat yang bisa kamu jajal di Kabupaten yang berada di Jawa tengah ini. Kamu bisa juga mencoba Jaddah Bakar khas Boyolali yang enak di Pasar Selo.

View this post on Instagram

Makanan tradisional… #jaddahbakar

A post shared by dwiiapriani (@dwiiapriani) on

Atau kalau kamu ingin makan berat, coba Soto Mbok Giyem yang sudah melebarkan sayapnya hingga Bekasi ini di Jalan Garuda.

Dan ada yang lebih unik lagi, yakni jenang pecel, bubur sumsum yang disiram kuah pecel beserta sayurannya. Yummy!

4. Budaya Boyolali Mendunia

Beberapa budaya asal Kabupaten dci Jawa Tengah tersebut,  sudah dikenal di Luar Negeri. Beberapa tarian asli Boyolali yakni ‘Sekar Merapi’, ‘Turonggo Seto Tunggal Wulung”‘ dan ‘Tetayuban’ mampu memukau warga Moskow pada tahun lalu.

Yang lebih membanggakannya, mereka diminta menari lagi di panggung lain oleh warga setempat karena saking menghiburnya.

Itu dia Sob beberapa hal yang bisa dibanggakan dari Boyolali. Mudah-mudahan pro dan kontra antara Prabowo dengan pihak tertentu juga cepat terselesaikan ya. (Sbg/Rig/Dinda)

Comments