Olahraga pilates sangat baik untuk dilakukan oleh kaum pria
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Olahraga pilates dalam beberapa tahun ini menjadi olahraga yang populer di kalangan peserta dan instruktur wanita.  Lantaran itulah muncul anggapan ataupun kesan kalau olahraga pilates lebih cocok untuk diterapkan oleh wanita.

Bahkan tak sedikit kaum pria yang pria menghindari pilates karena percaya jika olahraga ini hanya sekadar sesi peregangan.

Padahal, anggapan tersebut keliru. Sebab olahraga pilates ini sendiri awalnya dimulai dan ditemukan oleh seorang pria asal Jerman yang merupakan pelatih fisik bernama Joseph Hubertus Pilates.

Dan olahraga pilates memberikan jauh lebih banyak manfaat bagi tubuh laki-laki dibandingkan anggapan luar semata. Selain itu ada sederet alasan penting mengapa pilates sangat dinjurkan untuk dilakukan oleh para pria:

BACA JUGA: Manfaat Olahraga Aerobik Buat Kehidupan Seks Pria

1. Mengembangkan Jaringan Otot yang Kerap Diabaikan

Beberapa otot kita yang mendominasi pergerakan harian lebih kuat daripada otot lain, dan pilates berfokus pada otot-otot yang biasanya kurang mendapat perhatian.

Nah olahraga Pilates mirip dengan latihan MAT (muscle activation technique training), karena kita secara sadar bergerak dengan cara tertentu untuk membangun otot yang jarang kita gerakkan.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Secara umum, semakin banyak massa otot yang kita miliki, maka kita menjadi semakin tidak fleksibel.

Tetapi fokus pilates pada peregangan membantu mencegah cedera dan ketegangan otot, dan meningkatkan rentang gerak.

BACA JUGA: Simpel Mood Booster Agar Kamu Bersemangat Menjalani Hari 

 3. Membangun Kekuatan

Inti otot Setiap latihan pilates berfokus pada penggunaan inti otot untuk gerakan di anggota tubuh kita.

Olahraga Pilates juga memberi pengaruh pada otot transversal abdominis (lapisan otot dinding perut depan dan samping yang dalam hingga otot internal), otot dasar dan otot di bawah perut six pack.

Olahraga ini benar-benar berfokus pada kontraksi otot eksentrik dan konsentris untuk mencapai peregangan dan kekuatan yang seimbang.

Pilates untuk pria sangat penting karena pilates membantu mengembangkan kekuatan otot inti yang dapat menyeimbangkan komposisi tubuh bagian atas  sekaligus melindungi punggung.

4. Hidup Lebih Fokus

Selain itu dengan ritin melakukan pilates memaksa kita untuk lebih fokus pada napas saat bekerja melalui setiap gerakan dan berkonsentrasi pada gerakan yang tepat.

Setelah selesai melakukan sesi olahraga  Pilates, kita akan merasa segar dan rileks, yang akan terbawa hingga sehari setelah sesi tersebut dilakukan.

BACA JUGA: Jangan Malu, Nih Ada 5 Kelas Yoga untuk Pria

5. Aktvitas seksual yang Lebih Baik

Pilates memperkuat inti dan dasar panggul, dan pria yang mempraktikkannya memiliki kendali yang lebih besar pada bagian tubuh ini. Hal itu tentu bermanfaat bagi kehidupan seks kaum pria

Melihat besarnya manfaat di atas udah deh nggak ada alasan malu atau menghindar berlatih olahraga pilates. (Sbg/rig)

Comments